Pinterest Akan Diakuisisi PayPal, Potensi Jadi Social E-Commerce?
Saham Pinterest melonjak sejak kabar akuisisi dari PayPal muncul (Foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - PayPal dilaporkan dalam pembicaraan tahap akhir untuk membeli perusahaan media sosial Pinterest. PayPal telah membahas akuisisi perusahaan dengan harga potensial sekitar 70 dolar AS per saham, yang akan membuat Pinterest bernilai sekitar 39 miliar dolar AS.

Menurut laporan Bloomberg, saham Pinterest melonjak kemarin sejak kabar akuisisi tersebut. Saham perusahaan dihentikan dua kali, sebelum ditutup naik lebih dari 12 persen. Sementara, PayPal ditutup turun hampir 5 persen.

Pinterest  go public pada April 2019, di mana nilainya hanya lebih dari 10 miliar dolar AS. Tekanan kompetitif dari platform e-commerce Shopify telah mendorong PayPal untuk mengeksplorasi akuisisi.

Shopify telah banyak berinvestasi dalam memadukan e-commerce dan fintech. Tahun lalu, ia bermitra dengan Affirm, penyedia beli sekarang bayar nanti, untuk menjadi penyedia eksklusif atau pembiayaan point-of-sale untuk Shop Pay, layanan checkout Shopify.

PayPal sebagian besar diuntungkan dari ledakan belanja online sejak awal pandemi virus corona. Tahun lalu, ia mengadu dirinya dengan perusahaan beli-sekarang-bayar-nanti yang sedang berkembang dengan penawaran ”Pay in 4”.

Dengan mengakuisisi Pinterest dapat mendorong perusahaan untuk berbisnis di dalam media sosial, tren yang saat ini sedang dilakukan oleh raksasa teknologi lainnya, sebagaimana dikutip dari CNBC Internasional, Kamis, 21 Oktober.

Seperti Facebook yang mengubah media sosial Instagram-nya menjadi e-commerce, dengan menambahkan fitur "Shop" di berandanya. Fitur ini juga memungkinkan pengguna berbelanja melalui unggahan Instagram biasa, Live, Stories, dan feed Explore, dan telah menguji kemampuan belanja di fitur video pendek Reels.

Bisnis seperti ini memungkinkan perusahaan melacak klik dan pembelian dalam aplikasi masing-masing, sehingga mereka dapat membuktikan efektivitas iklan kepada pengiklan. Perusahaan juga akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

Pinterest Luncurkan Fitur Baru

Selain kabar akuisisi, Pinterest juga memperkenalkan beberapa fitur baru, termasuk umpan Watch yang menawarkan akses cepat ke konten video hanya dengan sekali usap. Fitur ini telah tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

Adapula, umpan menarik konten dari Idea Pins yang menawarkan pengalaman layar penuh sehingga pengguna dapat dengan cepat melihat dan terlibat dengan konten yang kemungkinan akan mereka nikmati, berdasarkan cara mereka menggunakan layanan.

Fitur umpan Watch baru itu sejatinya mirip dengan pengalaman di platform seperti Snapchat, TikTok, dan YouTube. Pengalaman layar penuh menautkan menu kecil opsi untuk melihat dan meninggalkan komentar, menyukai pin, berbagi, dan banyak lagi.