Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Apple mengumumkan bahwa platform podcast-nya, Apple Podcast akan segera terintegrasi secara eksklusif dengan Linkfire, platform pemasaran yang digunakan oleh artis dan label top dunia. 

Nantinya, dengan akun Linkfire, para pencipta akan dapat menghasilkan sejumlah tautan pintar yang tak terbatas untuk mendengkrasi untuk podcast mereka dan mengukur cara pendengar terlibat dengan mereka, sambil menghormati privasi pendengar. 

Tidak hanya itu, pencipta juga dapat menyesuaikan halaman Linkfire mereka untuk menghubungkan pendengar ke acara mereka di aplikasi lain dan fitur produk terkait, seperti saluran sosial, buletin, toko merch, dan acara langsung 

"Halaman-halaman ini, yang mudah untuk mengatur dan bekerja di perangkat, dirancang untuk menghubungkan pendengar ke acara dan berlangganan di Apple Podcasts," tulis Apple dalam pengumumannya. 

Dengan menggunakan dashboard Linkfire Insights, para pencipta akan dapat mengukur keterlibatan pengguna secara real-time dengan tautan dan halaman ini, termasuk kunjungan yang anonim dan tingkat klik-melalui. 

"Ketika pendengar menggunakan halaman-halaman ini untuk mengakses Apple Podcasts, para pencipta dapat melihat wawasan keterlibatan baru, termasuk apakah pendengar telah memainkan episode atau mengikuti sebuah acara di Apple Podcasts," tambah perusahaan. 

Kemudian, pembuat podcast yang menawarkan Apple Podcasts berlangganan dan berpartisipasi dalam Apple Program afiliasi podcast, dapat menambahkan token afiliasi mereka ke link Linkfire untuk mengukur uji coba gratis, berlangganan, pendapatan langganan, dan komisi afiliasi yang dihasilkan menggunakan tautan ini.

Linkfire for Podcasts sudah diluncurkan hari ini, tetapi hanya dalam beta terbatas dengan pencipta dan acara untuk saat ini. Ini akan tersedia secara global tahun ini. Fitur tambahan, seperti kemampuan untuk menyesuaikan merek tautan dan mengundang kolaborator, dapat dibuka dengan berlangganan 9,99 dolar AS (Rp150 ribu-an) per bulan.

"Melalui kemitraan eksklusif kami dengan Apple Podcasts, dunia platform podcast terkemuka, Linkfire for Podcasts memberikan wawasan keterlibatan baru yang membuka kemampuan pemasaran baru bagi para pembuat sambil menghormati privasi pendengar," ujar Jeppe Faurfelt, pendiri dan CCO Linkfire.