Apple Luncurkan Fitur <i>Subscription Analytics</i> di Apple Podcast, Ini Fungsinya!
Fitur Subscription Analytics Apple Podcast (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple telah mengumumkan pembaruan untuk layanan Apple Podcast nya di mana para podcasters akan dengan mudah melihat bagaimana pendengar terlibat dengan langganan premium serta menumbuhkan audiens yang lebih luas.

"Apple hari ini mengumumkan tiga pembaruan baru untuk podcasters untuk membantu menumbuhkan audiens dan bisnis mereka," tulis Apple dalam  pengumumannya di situs podcasters Apple pada Senin, 21 Agustus.

Dengan pembaruan ini, raksasa teknologi itu menambahkan Subscription Analytics di Apple Podcast Connect, sebuah dasbor tempat podcasters melacak bagaimana pendengar mereka terlibat dengan konten mereka.

Di tab Overview pada menu Analytics, pencipta dapat melihat berapa banyak pendengar yang memulai uji coba gratis, jumlah langganan berbayar, persentase pendengar yang mengonversi dari uji coba gratis ke langganan berbayar, dan taksiran hasil yang dihasilkan dari langganan mereka," jelas Apple.

Tidak hanya itu, pencipta juga dapat melihat rincian langganan berdasarkan negara atau wilayah dan berdasarkan status berlangganan, seperti paket bulanan atau paket tahunan.

Selain itu, di tab Trends, pencipta dapat memanfaatkan alat visualisasi yang kuat untuk mendapatkan wawasan tentang kinerja langganan mereka dari waktu ke waktu dan menggunakan berbagai filter. 

Kemudian, pencipta juga dapat menggunakan tab Trends untuk melihat Acara Berlangganan mereka, seperti Aktivasi, Pembatalan, dan Pembaruan, dan filter Penjualan pada tab Trends berdasarkan Durasi Berlangganan untuk melihat rincian estimasi hasil yang dihasilkan oleh langganan bulanan versus tahunan.

Subscription Analytics akan tersedia di seluruh dunia saat ini untuk semua pencipta dengan setidaknya satu langganan aktif dan peran Admin, Keuangan, atau Legal di Apple Podcasts Connect.