Spotify Boyong Fitur Podcast Charts Mirip Apple
Spotify kembali membawa fitur baru untuk membuat pengalaman penggunanya lebih baik. (foto: dok. spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify kembali membawa fitur baru untuk membuat pengalaman penggunanya lebih baik, dengan mengadopsi fitur milik Apple Podcast, yakni Podcast Charts.

Fitur tersebut merupakan sistem peringkat bintang, yang mana dapat memudahkan pengguna untuk mendukung acara podcast favorit mereka dengan memberikan ulasan dan peringkat dari bintang 1 hingga 5.

Perusahaan mengatakan fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa hari mendatang di hampir semua pasar tempat podcast Spotify berada.

Dijelaskan Spotify, fitur seperti grafik podcastnya telah membantu pengguna menemukan acara baru, dan hal yang sama berlaku untuk rekomendasi layanan yang dipersonalisasi. Namun hingga kini, tidak ada cara nyata bagi pendengar untuk melihat apa yang dipikirkan orang lain tentang sebuah acara di aplikasi tersebut.

Persis seperti Apple, Spotify akan menampilkan jumlah peringkat dalam tanda kurung di samping skor rata-rata di setiap halaman podcast.

Tentu saja, sistem ini juga akan memungkinkan konten kreator untuk melihat bagaimana kinerja podcast mereka di antara pendengar, langsung dari orang-orang yang mendengarkan acara tersebut.

Meski begitu dikutip dari TechCrunch, Jumat, 17 Desember, menurut podcaster profesional Evo Terra dalam tweetnya mengatakan bahwa peringkat dan ulasan tidak memengaruhi charting. Apple sebagai pembesut pertama fitur itu sendiri pun mengakuinya.

Menanggapi hal itu, Spotify menyatakan, “Peringkat adalah cara yang bagus bagi calon pendengar untuk mengukur kualitas acara dengan cepat, tetapi pada titik ini peringkat acara tidak diperhitungkan dalam grafik podcast atau rekomendasi yang dipersonalisasi," ujar Spotify.

Jadi, ini adalah alat untuk menunjukkan pendapat penggemar tentang podcast, tetapi untuk saat ini, bukan sesuatu yang dapat membantu acara masuk ke tangga lagu atau daftar pilihan Spotify.