Spotify Buat Konten Podcast Jadi Berlangganan Demi Saingi Apple
Heidi Fin/Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Spotify berencana membuat konten podcast-nya menjadi berlangganan. Hal ini didasari keinginan perusahaan melawan dan bersaing dengan Apple.

Layanan streaming musik itu menawarkan kesepakatan yang lebih baik daripada Apple di Amerika Serikat (AS), di mana pencipta atau podcaster dapat menyimpan semua pendapatan mereka untuk waktu yang tidak terbatas.

Dirangkum dari Japan Today, Kamis 29 April, nantinya, konten podcast Spotify akan diperbarui dan diatur untuk berkembang secara internasional dalam beberapa tahun ke depan, dan membuat konten khusus yang hanya tersedia untuk pengguna yang berlangganan.

Menurut Spotify, keputusan ini tidak akan membebani podcaster apa pun selama dua tahun ke depan, yang berarti mereka mendapatkan semua pendapatan dari pengguna yang berlangganan. Spotify berencana untuk mulai mengenakan biaya lima persen untuk podcast mulai tahun 2023.

"Tujuan kami adalah membantu podcaster memaksimalkan audiens langganan mereka dan mengembangkan mereka dari basis pendengar yang ada," ungkap Spotify.

Spotify dan Apple Bersaing Ketat 

Diketahui, pengumuman itu datang ketika Apple siap untuk menambahkan opsi berlangganan ke layanan podcast perintisnya karena meningkatkan persaingan dengan Spotify. 

Apple mengatakan, mulai Mei, penggemar podcast di seluruh dunia dapat mendaftar langganan untuk mendapatkan fasilitas seperti mendengarkan bebas iklan atau konten eksklusif dari podcaster.

Podcasters akan menerima 70 persen dari pendapatan langganan di tahun pertama, dan Apple akan meminga sisanya sebagai komisi. Setelah pelanggan berlangganan selama setahun, pangsa pembuat konten akan meningkat menjadi 85 persen. 

Fitur berlangganan hadir dengan perombakan platform Apple Podcast yang memberikan kredit untuk memulai tren dengan peluncurannya 15 tahun yang lalu.

Pelacak industri eMarketer bulan lalu menyatakan bahwa Spotify telah berkembang dengan cepat dan layanan podcastingnya berada di jalur yang tepat untuk memiliki lebih banyak pendengar di AS daripada Apple Podcast tahun ini.

Spotify menegaskan platform langganannya akan dimulai dengan selusin podcaster yang berkolaborasi dengan organisasi media nirlaba National Public Radio.