Spotify Tambah Ratusan Karyawan untuk Kembangkan Bisnis Iklannya
Spotify telah menghabiskan ratusan juta untuk meningkatkan bisnis podcastnya. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify berencana untuk mempekerjakan ratusan staf untuk meningkatkan penjualan iklannya di Eropa dan di tempat lain, karena layanan streaming musik terus berupaya meningkatkan pendapatan dari pelanggan yang tidak membayar biaya bulanan tetapi merupakan sebagian besar basis penggunanya.

"Kami meningkatkan tenaga pemasaran bisnis iklan kami lebih dari 70% di Eropa, Australia dan Kanada ... dan itu dari basis yang cukup besar," Lee Brown, kepala bisnis periklanan Spotify,  dalam sebuah wawancara yang dikutip oleh Reuters.

"Kami berinvestasi dalam bisnis periklanan kami. Sejauh strategi jangka panjang, saya pikir sudah lewat hari-hari periklanan yang kurang dari 10% dari keseluruhan pendapatan kami," tambahnya.

“Kami juga telah mempekerjakan seorang eksekutif industri iklan dengan 25 tahun pengalaman internasional untuk memimpin penjualan internasional,” kata Brown, meskipun dia tidak menyebutkan namanya.

Perusahaan, yang memperoleh pendapatan dari langganan berbayar dan dengan menyebarkan iklan ke pengguna yang tidak membayar, melihat bisnis periklanannya kembali tumbuh tahun ini setelah dilanda pandemi.

Dari 365 juta pengguna aktif bulanannya, 210 juta didukung iklan, menghasilkan sekitar 12% dari total pendapatannya.

"Iklan tidak hanya menciptakan pendapatan bagi perusahaan, tetapi juga menurunkan biaya, karena menyebabkan lebih sedikit lagu yang diputar dan, pada gilirannya, sedikit menurunkan royalti yang harus dibayarkan," kata analis Morningstar.

Lonjakan konten podcast - Spotify membawa 2,9 juta podcast pada kuartal kedua, naik hampir 12% dari tiga bulan sebelumnya - telah membantu meningkatkan pendapatan iklan, karena podcast menarik lebih banyak pengguna dan, menjadi lebih lama, memungkinkan lebih banyak waktu untuk iklan.

Perusahaan ingin menambahkan lebih banyak alat untuk pengiklan, dan akan membuat platform periklanan dan penerbitan podcast Megaphone tersedia di Jerman, Prancis, Spanyol, dan Italia.

Megaphone, dibeli oleh Spotify tahun lalu, menawarkan alat untuk podcaster untuk membuat iklan untuk program mereka sendiri, yang mereka terima pendapatannya, dan untuk mengukur jangkauan mereka. Saat ini menjadi tuan rumah sekitar sepertiga dari 200 acara teratas di Spotify dan Apple.

Spotify telah menghabiskan ratusan juta untuk meningkatkan bisnis podcastnya. Persaingannya dengan Apple semakin meningkat setelah keduanya meluncurkan platform berlangganan berbayar untuk podcaster awal tahun ini.

Perusahaan Swedia itu diperkirakan akan menyalip Apple dalam pendengar podcast untuk pertama kalinya tahun ini, menurut firma riset eMarketer.