Ancaman Resesi Global, Spotify Bekukan Sementara Perekrutan Karyawan Baru
Spotify sementara belum mau rekrut karyawan baru karena ancaman resesi global. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify mulai mengurangi perekrutan baru sebesar 25 persen karena kekhawatiran adanya resesi meningkat. Ini diketahui dari  memo internal yang diperoleh Bloomberg. Tidak jelas bagian bisnis mana yang akan paling terpengaruh, akibat pengetatan ini.

Spotify bukan  satu-satunya perusahaan teknologi yang mengevaluasi kembali stafnya saat pasar saham jatuh. Twitter dan Meta masing-masing juga telah mengumumkan beberapa tingkat pembekuan perekrutan karyawan baru sejak bulan lalu.

Bahkan  kebijakan Netflix telah menjadi berita utama pada bulan April karena melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja), terutama di situs penggemar internal, Tudum.

Selama presentasi investor Spotify minggu lalu, CEO,  Daniel Ek,  menekankan pertumbuhan perusahaan tidak hanya dalam langganan tetapi juga vertikal di luar musik seperti podcasting dan, segera, buku audio.

Akan tetapi kepala keuangan Spotify, Paul Vogel, memberi petunjuk bahwa kepegawaian dapat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dunia yang memburuk saat ini.

"Kami jelas menyadari meningkatnya ketidakpastian mengenai ekonomi global," kata Vogel. “Dan sementara kami belum melihat dampak material apa pun terhadap bisnis kami, kami terus mencermati situasi dan mengevaluasi pertumbuhan jumlah karyawan kami dalam waktu dekat.”

Spotify sendiri memiliki lebih dari 6.600 staf pada akhir 2021. Jumlah ini meningkat 18 persen dari tahun sebelumnya. Meskipun pasar mungkin memaksa perusahaan untuk memperlambat ambisi dan ekspansinya, Ek mengatakan dalam memo staf bahwa perusahaan masih akan menambah jumlah karyawan.