Mark Zuckerberg  Bekukan Perekrutan Karyawan di Meta, Keputusan PHK  Bisa Muncul Saat Ekonomi Global Pengaruhi Pendapatan
CEO Meta, Mark Zuckerberg bersama keluarga. (foto: facebook @markzuckerberg)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Meta Platform Inc.,  Mark Zuckerberg mengatakan kepada karyawan pada Kamis 29 September bahwa perusahaan memberlakukan pembekuan perekrutan di seluruh perusahaan dan memperingatkan mereka bahwa lebih banyak kemungkinan agenda perampingan akan datang.

Pertama kali dilaporkan oleh Kurt Wagner dari Bloomberg dan dikonfirmasi oleh sumber ke The Verge, komentar yang dibuat selama panggilan internal menunjukkan bagaimana Meta merespons penurunan pendapatannya yang disebabkan oleh perlambatan ekonomi global dan perubahan pelacakan iklan Apple. Harga saham Meta telah turun lebih dari setengah tahun ini.

Pada Mei lalu, Zuckerberg mengumumkan pembekuan perekrutan yang memengaruhi segmen Meta tertentu dan mengatakan bahwa dia tidak dapat berjanji tentang adanya kemungkinan PHK, tetapi pada akhir Juni, nada suaranya telah berubah.

Dalam sesi tanya jawab yang dilaporkan oleh The Verge, dia berkata, “Secara realistis, mungkin ada sekelompok orang di perusahaan yang seharusnya tidak berada di sini. Dan sebagian dari harapan saya dengan meningkatkan ekspektasi dan memiliki tujuan yang lebih agresif, dan hanya semacam menyalakan panas sedikit, adalah bahwa saya pikir beberapa dari Anda mungkin hanya mengatakan bahwa tempat ini bukan untuk Anda. Dan pemilihan diri itu tidak masalah bagi saya.”

Ditanya tentang pertemuan hari ini, juru bicara Meta Dave Arnold menolak berkomentar tetapi menunjuk ke komentar dari Zuckerberg selama panggilan pendapatan Meta terakhir, di mana dia berkata, “Rencana kami adalah untuk terus mengurangi pertumbuhan jumlah karyawan selama tahun depan. Banyak tim akan menyusut sehingga kami dapat mengalihkan energi ke area lain.”

Pengurangan karyawan memang menjadi salah satu solusi yang akan diambil Meta di samping pembekuan perekrutan karyawan hingga kondisi ekonomi dunia saat ini menjadi lebih stabil.