WhatsApp Gulirkan Fitur Baru Call Links dan Panggilan Grup Kini Bisa Tampung 32 Orang
Whjatsapp buat fitur baru panggilan untuk 32 pengguna. (foto: dok. whatsapp)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu aplikasi perpesanan milik Meta, WhatsApp terus menjadi aplikasi terbaik. Tak heran, fitur baru pun terus berdatangan. Salah satunya Call Links, cara baru bagi pengguna untuk bergabung atau memulai panggilan.

Dengan fitur baru Call Links, sekarang pengguna dapat mengirim tautan untuk memulai panggilan audio atau video bahkan bergabung dengan yang sudah berlangsung.

Fitur baru ini juga memudahkan pengguna mengirim tautan ke orang yang bukan bagian dari daftar kontak mereka. Pengguna WhatsApp yang ingin mencoba fitur Call Links membutuhkan aplikasi versi terbaru.

Head of WhatsApp Will Cathcart mengatakan, fitur tersebut akan mulai diluncurkan dalam pekan ini. Namun, ia tidak menjelaskan apakah Call Links hadir untuk pengguna Android atau iOS dan bagaimana cara menggunakannya.

Dalam pengumuman terpisah melalui laman resmi Facebook-nya, CEO Meta Mark Zuckerberg mengungkapkan WhatsApp akan mulai menguji panggilan video terenkripsi untuk panggilan grup hingga 32 orang. Sebelumnya, aplikasi ini hanya bisa menampung delapan orang dalam satu panggilan grup.

Fitur serupa telah diterapkan di aplikasi perpesanan dan konferensi video seperti Google Meet, Microsoft Teams, Zoom dan lainnya.

Melansir The Verge, Selasa, 27 September, para saingan WhatsApp itu memiliki kapasitas penelepon yang jauh lebih besar yakni 100 orang untuk Google dan Microsoft Teams serta 300 orang pada Zoom.

Meski begitu, mereka menyertakan batasan seperti durasi panggilan untuk akun gratis dan mungkin bukan pilihan pertama bagi miliaran orang yang sudah mengobrol di WhatsApp.

WhatsApp sendiri tidak menyebutkan batasan durasi panggilan, yang dapat menempatkannya sebagai salah satu aplikasi panggilan video gratis terbaik, begitu pun dengan fitur Call Links akan menjadi hal baru bagi pengguna WhatsApp.