Aplikasi <i>Video Call</i> Gratis untuk Bersilaturahmi di Momen Lebaran
Masjid Istiqlal (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Meski jari jemari tak bisa bertemu, bukan berati tali silaturahmi tak bisa saling menyatu. Di momen lebaran tahun ini, banyak aplikasi pesan instan yang bisa dimanfaatkan agar sanak keluarga bisa saling menyapa di Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video call secara gratis. Bahkan beberapa di antaranya bisa menghadirkan banyak orang dalam satu ruang virtual secara bersamaan.

Apalagi untuk sebagian orang yang saat ini tak bisa mudik lebaran. Momen video call bisa menjadi obat rindu, untuk tetap mempererat tali silaturahmi lebaran. 

1. WhatsApp Group Call

Sejak beberapa pekan lalu, WhatsApp telah meningkatkan jumlah layanan pada fitur grup video call. Peningkatan ini dilakukan agar WhatsApp bisa membantu penggunanya dalam berinteraktis satu dan lainnya. 

Terlebih aplikasi WhatsApp, memang sudah populer dan terpasang di banyak pengguna smartphone. Layanan grup video call ini cocok digunakan untuk bersilaturahmi bersama kerabat dan keluarga besar pada saat lebaran.

2. Zoom 

Layanan yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan video telekonferensi hingga 100 orang sekaligus. Sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki keluarga besar. 

Video telekonferensi Zoom ini bisa diakses secara gratis. Meski demikian, pengguna bisa memanfaatkan waktu 40 menit untuk bervideo call bersama sanak keluarga di mana pun. 

3. Line

Terakhir ada aplikasi pesan instan Line, yang baru saja menambahkan fitur grup call di platformnya. Menariknya panggilan konferensi Line bisa memuat 200 orang dalam satu video.

Tampilan Line Grup call (dok. Line)

Dengan Line Group Call, pengguna bisa melakukan panggilan konferensi baik dengan menggunakan panggilan video maupun panggilan suara secara gratis. Fitur grup video call Line ini, sudah bisa digunakan pada versi 5.11.0 (iOS), 5.1.1.0 (Android), serta versi 4.5.0 atau di atasnya untuk Windows/macOS.