Spotify Bentuk Dewan Penasihat Keamanan untuk Pantau Konten <i>Streaming</i> yang Langgar Ketentuan
Spotify Technology SA telah membentuk Dewan Penasihat Keamanan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify Technology SA pada Senin, 13 Juni  mengumumkan telah membentuk Dewan Penasihat Keamanan untuk memberikan masukan pihak ketiga tentang isu-isu seperti ujaran kebencian, disinformasi, ekstremisme, dan penyalahgunaan online.

Grup tersebut mewakili langkah lain dalam upaya Spotify untuk menangani konten berbahaya pada layanan streaming audionya setelah serangan balasan awal tahun ini atas "The Joe Rogan Experience," di mana podcaster dituduh menyebarkan informasi yang salah tentang COVID-19.

Ke-18 ahli, yang termasuk perwakilan dari Washington, D.C. kelompok hak-hak sipil Pusat Demokrasi & Teknologi, Universitas Gothenburg di Swedia dan Institut Teknologi dan Masyarakat di Brasil, akan memberi saran kepada Spotify saat mengembangkan produk dan kebijakan dan memikirkan tentang munculnya masalah.

“Idenya adalah untuk membawa para ahli terkenal di dunia ini, banyak dari mereka telah berada di ruang ini selama beberapa tahun, untuk mewujudkan hubungan dengan mereka,” kata Dustee Jenkins, kepala urusan publik global Spotify, seperti dikutip Reuters.

“Untuk memastikan bahwa itu tidak berbicara kepada mereka ketika kita berada di tengah-tengah situasi … Sebaliknya, kita bertemu dengan mereka secara cukup teratur, sehingga kita bisa jauh lebih proaktif tentang bagaimana kita berpikir tentang masalah ini di seluruh perusahaan,” tambah Jenkins.

Dewan ini murni bersifat penasihat, dan Spotify dapat menerima atau menolak sarannya. Tidak seperti dewan pengawas Facebook, yang memutuskan kasus apa yang diulas, Spotify akan mengajukan masalah untuk dipertimbangkan dewan dan memberikan umpan balik.

Banyak peserta, seperti pendiri Kinzen, Mark Little dan Aine Kerr, sudah berkonsultasi dengan Spotify. Beberapa, seperti Ronaldo Lemos, yang berperan penting dalam menciptakan Undang-Undang Hak Asasi Internet Brasil, memberikan keahlian regional.

Sarah Hoyle, kepala kepercayaan dan keamanan Spotify, mengatakan dewan penasihat tidak dibentuk sebagai reaksi terhadap "pencipta atau situasi tertentu," melainkan pengakuan atas tantangan mengoperasikan layanan global pada saat ancaman terus berkembang.

“Bagaimana kami meningkatkan keahlian internal yang sudah kami miliki di Spotify, untuk memanfaatkan orang-orang ini yang pekerjaan hidupnya telah mempelajari ini, dan mereka ada di pasar di seluruh dunia, sama seperti pengguna kami, seperti kami pencipta,” kata Hoyle.