Bagikan:

JAKARTA - Spotify playlist yang dapat diunduh merupakan kelebihan dari pengguna Premium. Namun, beberapa pengguna bisa merasakan hilang atau terhapusnya seluruh unduhan ini.

Playlist yang mendadak terhapus memang merepotkan, tetapi ada alasan yang jelas mengapa hal ini bisa terjadi pada device Anda. Berikut ini beberapa sebab yang bisa membuat unduhan playlist Anda terhapus, mengutip dari Makeuseof.

Paket Berlangganan yang Sudah Berakhir

Perlu diingat bahwa unduhan podcast, playlist, dan album hanya bisa dilakukan oleh pengguna paket Premium. Jika paket berlangganan Anda sudah berakhir, playlist dan album yang diunduh akan otomatis terhapus.

Unduhan Sudah Melewati Batas

Meski Spotify mengeklaim bahwa pengguna Premium bisa mengunduh playlist sebebasnya, faktanya mereka tidak benar-benar bebas. Ada batasan lagu yang bisa diunduh oleh penggunanya, yaitu 10.000 untuk tiap perangkat.

Spotify juga membatasi perangkat untuk mengunuduh playlist. Jika Anda mengunduh playlist di lebih dari enam perangkat, Spotify akan menghapus unduhan dari perangkat yang jarang mendengarkan unduhan playlist.

Tidak Aktif Selama Atau Lebih dari 30 Hari

Unduhan playlist Anda mungkin terhapus karena waktu pemakaiannya. Jika Anda tidak menggunakan Spotify selama 30 hari atau lebih, unduhan ini akan terhapus meskipun paket berlangganan Anda masih aktif.

Konten Terhapus dari Sistem Spotify

Alasan lain yang menyebabkan unduhan playlist Anda terhapus adalah konten yang sengaja dihapus oleh Spotify. Meski Anda sudah mengunduh playlist tersebut, Anda tetap tidak bisa mendengarkan playlist-nya lagi.

Playlist yang Dihapus Pemiliknya

Selain Spotify, pembuat playlist memegang kelola penuh atas playlist yang Anda unduh. Jika unduhan playlist ini menghilang, bisa jadi pembuatnya yang telah menghapus dengan sengaja.

Itu dia sederet penyebab yang mungkin terjadi ketika unduhan playlist di Spotify terhapus. Untuk menghindari hal ini terjadi di masa depan, coba untuk beralih mengunduh musik di platform lain atau mendengarkan musik tanpa mengunduhnya.