Spotify Memperkenalkan Pusat <i>Merchandise</i> untuk Artis
Spotify memperkenalkan pusat merchandise baru untuk artis (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify memperkenalkan pusat merchandise baru untuk artis pada Senin 16 Oktober yang merekomendasikan barang seperti kaos, rekaman vinyl, dan korek api Lana Del Rey berbahan kuningan ini untuk para gadis yang suka suasana mellow.

Ini adalah upaya terbaru dari Spotify untuk mengintegrasikan pembelian merchandise ke dalam aplikasi, yang telah menjadi prioritas bagi para artis yang mendistribusikan karya mereka melalui layanan streaming tersebut.

Merchandise di Spotify bukanlah hal yang baru. Perusahaan ini meluncurkan kemitraan dengan Shopify pada tahun 2021 dan telah melakukan pembaruan kecil sejak itu untuk memfasilitasi berbelanja. Namun, pembelian masih belum terjadi secara langsung dalam aplikasi. Namun pengguna dapat menjelajahi barang-barang tetapi kemudian diarahkan ke toko merchandise individu milik artis.

Spotify tidak mengambil bagian dari penjualan merchandise, tetapi dorongan untuk merchandise ini juga memiliki tujuan bisnis. Sudah umum diketahui seberapa sedikit pendapatan yang diperoleh oleh para artis dari streaming musik mereka, dan menjual merchandise adalah cara yang mudah dan menguntungkan untuk mencoba mengimbangi perbedaan tersebut.

Jika Spotify ingin membuat para artis senang atau setidaknya mencegah mereka memberontak, perusahaan harus membuat merchandise menjadi bagian dari pengalaman pengguna.

Namun, pengguna juga harus dapat menemukan merchandise tersebut. Cara termudah saat ini adalah pergi ke tab merchandise di halaman individu artis. Pada pagi Senin, pengguna hanya dapat mengakses pusat tersebut melalui tautan pada siaran pers, karena itu tidak muncul di halaman beranda aplikasi atau melalui pencarian. Perwakilan dari Spotify mengatakan bahwa mereka sedang memeriksa masalah ini.