Spotify Hadirkan Video Musik untuk Pengguna Premium di Beberapa Negara, Termasuk Indonesia
Spotify kini hadirkan video musik penuh (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify, layanan streaming musik asal Swedia, mulai meluncurkan video musik full-length dalam tahap beta terbatas untuk pengguna premium. Ini menandakan Spotify merambah area yang selama ini dikuasai YouTube selama hampir dua dekade.

Mulai Rabu 13 Maret, video musik tersedia untuk pengguna premium di Inggris, Jerman, Italia, Belanda, Polandia, Swedia, Brasil, Kolombia, Filipina, Indonesia, dan Kenya. Ini merupakan langkah Spotify untuk memperluas basis penggunanya.

Meski menargetkan 1 miliar pengguna pada tahun 2030, rencana baru Spotify menghadapi persaingan ketat dari Apple Music dan YouTube, yang memungkinkan pengguna menonton video musik secara gratis.

Menurut Spotify, peluncuran video musik ini akan mencakup "katalog video musik terbatas, termasuk lagu-lagu hit dari artis global seperti Ed Sheeran ... atau favorit lokal seperti Aluna."

Pada Maret tahun lalu, Spotify memperkenalkan "clips", video vertikal berdurasi di bawah 30 detik yang diunggah langsung ke Spotify oleh para artis.

Selain itu, Spotify telah memperluas layanannya untuk mencakup podcast dan audiobook guna menarik lebih banyak pengguna.

Pada bulan Februari lalu, Spotify memperkirakan jumlah pelanggan premium akan mencapai 239 juta pada kuartal berjalan, melampaui estimasi analis sebesar 238,3 juta.