Pengguna Aktif Spotify Tembus 320 Juta Orang
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Platform streaming musik Spotify, mengumumkan jumlah pengguna aktif bulanannya yang naik menjadi 320 juta orang. Kenaikan ini terjadi pada kuartal ketiga tahun ini.

Dikutip dari laman The Verge, kenaikan pengguna sebesar 29 persen, membuat Spotify unggul di atas Apple Music, yang memiliki 60 juta pelanggan berdasarkan data Juni 2019. Termasuk pelanggan layanan premium Spotify yang tumbuh 27 persen atau mencapai 144 juta. 

"Kami melihat pertumbuhan pelanggan yang kuat di semua wilayah dengan memanfaatkan tambahan dari pasar baru kami di Rusia dan wilayah sekitarnya," tulis Spotify dalam keterangannya, Jumat 30 Oktober.

Grafik pertumbuhan pengguna Spotify (dok. Spotify)

Spotify hingga kini masih menyediakan versi gratis, pengguna bisa tetap mendengarkan musik yang diselingi iklan. Kenaikan pengguna ini melebihi ekspektasi Spotify, yang memperkirakan jumlahnya mencapai 317 pengguna aktif bulanan.

Spotify juga mengungkapkan prediksi untuk perfoma finansial perusahaan pada Q4 2020. Layanan music streaming ini menargetkan 340 hingga 345 juta pengguna aktif bulanan.

Total pelanggan premium ditargetkan mencapai antara 150 hingga 154 juta. Sementara itu, jumlah waktu yang dihabiskan untuk mendengarkan musik di Spotify melebihi periode sebelum COVID-19, pada kuartal ketiga. 

Prediksi pertumbuhan juga diyakini untuk Q4 2020. Perusahaan memperkirakan total pendaptan mencapai 2 hingga 2,2 miliar euro, dengan margin kotor antara 24,2 hingga 26,2 persen.