Khawatir Adanya Peretasan, Ribuan Pengguna Spotify Mengeluh Diikuti Akun yang Sama
Sejumlah pengguna Spotify mengeluh diikuti akun tidak jelas (foto: dok. Spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify diduga tengah diakses peretas oleh para penggunanya. Dilansir dari The Verge, dugaan ini muncul karena akun-akun di Amerika memiliki dua pengikut baru yang sama, yaitu lucasrpx dan vitornova.

Tidak ada yang tahu siapa pengguna dari akun tersebut, tetapi kedua akun ini mungkin dikelola orang yang sama karena gambar profil mereka berpasangan. Kedua akun ini sama-sama menggunakan gambar karakter dari film Studio Ghibli Ponyo.

Seorang pengguna pun membagikan keluh kesah ini di platform X dan bertanya apakah ada orang lain yang diikuti dua akun itu. Unggahan ini disukai lebih dari 50 ribu orang dan mayoritas mengakui hal yang sama, mereka diikuti lucasrpx dan vitornova.

Selain dua akun iturupanya beberapa orang diikuti oleh akun yang lebih banyak. Bahkan mereka bisa diikuti oleh delapan akun tidak jelas, tetapi yang paling banyak disoroti adalah lucasrpx dan vitornova.

Terkait masalah yang meresahkan ini, The Verge bertanya langsung kepada Spotify. Diwakili oleh Laura Batey, Spotify menjelaskan bahwa kedua akun yang secara tidak jelas mengikuti ratusan ribu orang itu telah dinonaktifkan.

Menurut Spotify, akun lucasrpx dan vitornova telah melanggar ketentuan mereka. Akun ini pun sudah tidak bisa diakses walaupun akun mereka masih terlihat. Setidaknya, akun itu sudah tidak bisa lagi digunakan oleh pemilik aslinya.

Meski Spotify telah bertindak tegas, belum ada yang tahu siapa pemilik dua akun aneh itu. Namun, besar kemungkinannya bahwa akun ini hanya spammer karena mengikuti orang secara massal.