Rabu Dini Hari, Spotify dan Discord Sempat Tak Bisa Diakses untuk Beberapa Penggunanya
Spotify sempat mengalami kendala teknis dan pemadaman. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Platform streaming audio Spotify  dan platform perpesanan Discord sempat padam dan tidak dapat diakses untuk ribuan pengguna pada Selasa, 8 Maret. Informasi ini muncul menurut situs web pelacakan pemadaman, Downdetector.com.

Lebih dari 138.000 pengguna telah melaporkan masalah dengan Spotify, sementara lebih dari 65.000 pengguna lainnya mengatakan ada masalah dengan Discord.

"Kami menyadari masalah yang menyebabkan kegagalan pesan dan sedang memperbaikinya," kata Discord dalam sebuah tweet.

Discord menyebutkan jika penyebab masalah tersebut karena asalan teknis seperti disebutkan dalam discordstatus.com. "Teknisi telah menjadi akar penyebab masalah ini pada komponen Google Cloud yang disebut "Direktur Lalu Lintas" yang bertanggung jawab untuk mengonfigurasi lapisan penyeimbang beban kami. Dalam malfungsinya, itu menyebabkan lapisan penyeimbang beban internal kami tidak memiliki konfigurasi yang valid, yang menyebabkan hilangnya ketersediaan API."

Namun setelah dilakuka perbaikan, maka pada pukul 03.00 WIB Discord kembali beroperasi secara normal. 

 

Downdetector juga melacak pemadaman dengan menyusun laporan status dari beberapa sumber termasuk kesalahan yang diajukan pengguna pada platformnya. Pemadaman mungkin memengaruhi lebih banyak pengguna.

"Ada yang tidak beres, dan kami sedang menyelidikinya. Terima kasih atas laporan Anda!" cuit Status akun twitter Spotify, sekitar pukul 01.22 WIB, 9 Maret. Namun beberapa jam kemudian, Spotify akhirnya tetap diakses lagi.

Belum diketahui  secara pasti apa yang menyebabkan Spotify tidak dapat diakses untuk sebagian pelanggannya. Pihak Spotify sendiri belum memberikan penjelasan terkait masalah tersebut secara lebih rinci.