Bagikan:

JAKARTA – Perkembangan teknologi membuat aplikasi menjadi semakin canggih sehingga kebutuhan masyarakat mudah terpenuhi. Aplikasi ini tak hanya memenuhi kebutuhan kerja, tetapi juga kebutuhan hiburan.

Jika sebelumnya pengguna hanya bisa berbagi tautan lagu yang sedang didengarkan, kini mereka bisa mengajak teman atau orang terdekat untuk mendengarkan lagu yang sama. Kemampuan ini bisa dilakukan diakses di beberapa aplikasi streaming musik.

Ada banyak penyedia layanan streaming musik yang mengembangkan fitur dengarkan lagu bersama dari jarak jauh. Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur ini, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan, dikutip dari Makeuseof.

Spotify

Spotify merupakan salah satu platform streaming musik populer karena tampilan antarmuka aplikasinya sederhana dan mudah digunakan. Tak hanya itu, aplikasi ini dilengkapi banyak fitur menarik, termasuk fitur Jam Sessions untuk mendengarkan lagu bersama.

Fitur ini awalnya diperkenalkan dengan nama Group Session. Namun, setelah pandemi Covid-19 berakhir, Spotify mengubah nama fiturnya menjadi Jam. Fungsi dari aplikasinya tetap sama, yaitu mendengarkan lagu dengan beberapa pengguna dari jarak yang berjauhan.

Jam hanya bisa menampung 32 pengguna dengan berbagai paket yang digunakan, baik itu gratis maupun berbayar. Spotify tidak membatasi akses penggunanya, tetapi pembuat Jam harus akun yang berlangganan Spotify Premium.

Discord

Sebenarnya, Discord bukan aplikasi streaming musik, melainkan aplikasi media sosial untuk berbagi informasi dan membicarakan hobi yang disukai. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik, salah satunya fitur mendengarkan lagu bersama.

Discord terintegrasi dengan beberapa aplikasi musik, seperti SoundCloud, YouTube Music, dan Amazon Music. Untuk mendengarkan lagu bersama teman, pengguna Discord harus bergabung ke dalam server yang sama terlebih dahulu.

SharePlay

Sama seperti Discord, aplikasi ini bukan platform streaming musik. SharePlay merupakan aplikasi buatan Apple yang bisa digunakan untuk berbagi musik. Aplikasi ini terintegrasi dengan platform streaming musik populer, yaitu Apple Music dan Spotify.

SharePlay hanya bisa digunakan saat Anda melakukan FaceTime bersama teman atau orang terdekat. Jika lawan bicara tidak memiliki Apple Music atau Spotify dan tidak berlangganan, mereka tidak bisa mendengarkan lagu yang sama.