Begini Cara Melihat Apa Saja yang Baru Anda Dengarkan di Spotify
Beragai cara melihat riwayat apa yang Anda dengarkan di Spotify (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda memiliki ketertarikan akan musik sejak lama, mungkin menggunakan aplikasi streaming musik seperti Spotify adalah sebuah keharusan. Karena dengan itu, Anda dapat mendengarkan musik kapan pun dan di manapun Anda mau.

Spotify adalah platform streaming musik terbesar di dunia dengan katalog musik dan podcast yang lengkap. Jika Anda melakukan streaming begitu banyak setiap hari, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara untuk melihat apa yang telah Anda dengarkan di Spotify.

Untungnya, Spotify menyediakan cara untuk memeriksa apa yang Anda dengarkan di platform. Fitur Spotify Recently played mencantumkan semua yang Anda dengar, termasuk podcast, dan dalam urutan yang sama saat Anda melakukannya.

Cara Melihat Riwayat Mendengarkan Anda di Spotify

Fitur Recently played mengatalogkan semua yang Anda dengarkan sebelumnya. Hal baiknya adalah, Spotify menyimpan katalog riwayat mendengarkan Anda apakah Anda streaming atau mengunduh musik dan podcast untuk didengarkan secara offline.

Cara Melihat Riwayat Mendengarkan Spotify Anda di Android dan iOS

Di perangkat seluler, mudah untuk mengakses riwayat mendengarkan Spotify Anda, berkat antarmuka pengguna aplikasi. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengakses riwayat mendengarkan Anda (Langkah-langkahnya sama untuk aplikasi iOS dan Android):

Buka tab Beranda di dalam aplikasi seluler Spotify.

Ketuk ikon jam di kanan atas. Ini akan membawa Anda ke halaman Recently played, tempat Spotify menampilkan apa yang Anda dengarkan, dari lagu terbaru dan episode podcast hingga yang terlama.

Spotify memudahkan untuk melihat apa yang telah Anda dengarkan dan pada hari apa dengan mengatur halaman Recently played ke dalam tanggal. Untuk daftar putar dan album, Anda akan melihat nama daftar putar atau album dan lagu tertentu yang Anda putar.

Cara Melihat Riwayat Mendengarkan Spotify Anda di Web

Di web, Anda dapat mengakses riwayat mendengarkan Spotify menggunakan langkah-langkah berikut:

1. Pilih Beranda dari bilah sisi kiri.

2. Gulir ke bawah halaman hingga Anda menemukan bagian Recently played. 3. Klik Lihat Semua di sisi kanan judul bagian untuk melihat lebih banyak riwayat mendengarkan Anda.

Anda akan melihat riwayat mendengarkan Anda tidak selengkap saat menggunakan fitur di ponsel. Tidak seperti aplikasi seluler, pemutar web Spotify tidak mengatur riwayat mendengarkan Anda dengan tanggal. Ini juga memberi Anda album, daftar putar, dan nama podcast tanpa menelusuri lagu atau episode yang Anda dengarkan.

Cara Melihat Riwayat Mendengarkan Anda di Aplikasi Desktop Spotify

Aplikasi desktop Spotify memiliki antarmuka yang mirip dengan klien webnya, dan oleh karena itu, riwayat mendengarkan Anda juga hanya berjarak beberapa klik saja. Berikut cara melihat riwayat mendengarkan Anda di aplikasi desktop:

1. Klik ikon Antrian di kanan bawah. Ini akan menunjukkan apa yang akan terjadi selanjutnya setelah lagu atau episode podcast Anda saat ini.

2. Berdekatan dengan tab Antrian, pilih tab Recently played atau Baru Diputar untuk melihat riwayat mendengarkan Anda baru-baru ini.

Di bawah Baru diputar, Anda akan melihat beberapa lagu yang baru saja Anda dengarkan. Namun, seperti pemutar web, Anda tidak mendapatkan riwayat mendengarkan yang mendalam.