Bagikan:

JAKARTA – Apple Podcast, aplikasi streaming konten audio, akan mendapatkan fitur transkrip di pembaruan iOS 17.4. Fitur baru ini sudah terlihat di versi beta yang dirilis pada Jumat, 26 Januari.

Transkrip sangat berguna untuk mencari kata atau frasa tertentu di dalam episode podcast. Fitur ini juga berguna untuk pengguna Apple Podcast yang sedang tidak bisa mendengarkan audio, tetapi ingin mengetahui isi kontennya.

Saat pengguna memutar salah satu episode podcast, transkrip akan muncul di layar. Transkrip ini bersifat otomatis sehingga pengguna sudah bisa melihat cuplikan teksnya meskipun episode yang mereka dengarkan baru dipublikasikan.

“Episode Anda akan segera tersedia untuk didengarkan dan transkripnya akan segera tersedia setelahnya. Akan ada penundaan singkat saat kami memproses transkrip Anda,” kata Apple dalam keterangan resmi.

Untuk melihat transkrip selama episode diputar, pengguna hanya perlu melihat halaman detail dari episode yang didengarkan. Setelah itu, sentuh dan tahan episodenya hingga Apple Podcast menampilkan opsi melihat transkrip.

Sayangnya, bahasa untuk transkrip ini masih terbatas. Pengguna hanya bisa melihat beberapa bahasa untuk saat ini, di antaranya adalah bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol. Apple akan menambahkan lebih banyak bahasa dalam waktu dekat.

Sebagai catatan, transkrip hanya akan muncul di episode terbaru saat iOS 17.4 sudah dirilis. Apple akan menambahkan transkrip di episode yang lebih lama, tetapi prosesnya tidak sebentar dan mungkin pengguna harus menunggu lebih lama untuk melihat transkripnya.