Ini Cara Gunakan <i>Tip Jar</i> untuk Berkontribusi pada Pembuat Konten di Twitter
Fitur “Tip Jar" Twitter memungkinkan pengguna untuk mengirim uang ke akun favorit mereka. (foto: twitter)

Bagikan:

Jakarta- Fitur “Tip Jar" Twitter memungkinkan pengguna untuk mengirim uang ke akun favorit mereka secara langsung. Cara ini membuat pengguna mudah untuk berkontribusi pada amal, penggalangan dana, atau hanya mengucapkan terima kasih atas saran yang bermanfaat.

Setelah pengujian ekstensif, fitur ini awalnya diluncurkan untuk memilih pengguna pada Mei 2021 sebelum tersedia untuk semua pengguna di atas 18 tahun di iOS pada September. Beberapa bulan kemudian, fitur tersebut akhirnya tiba di Android, yang memungkinkan semua pengguna Twitter untuk mengirim dan menerima uang menggunakan fitur baru.

Meskipun pada awalnya hanya tersedia untuk segelintir pembuat konten, jurnalis, dan organisasi nirlaba, sejak itu telah tersedia untuk semua orang dewasa di Android dan iOS.

Twitter mendukung sejumlah opsi pembayaran yang berbeda, termasuk Aplikasi Tunai, Patreon, Paypal, Bandcamp, dan Venmo. Di Android, pengguna juga dapat mengirim tip melalui 'Spaces', yang merupakan fitur audio langsung Twitter yang mirip dengan Clubhouse.

Untuk memberi tip kepada seseorang menggunakan toples tip, buka halaman profil mereka dan ketuk ikon uang dolar di sebelah tombol 'Ikuti'. Kemudian cukup pilih opsi pembayaran atau platform untuk transaksi tersebut.

Ini akan tergantung pada opsi apa yang telah ditambahkan oleh penerima tertentu, dan akan berbeda dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Untuk menerima uang melalui Tip Jar, pengguna harus terlebih dahulu mengatur fitur untuk akun mereka.

Untuk melakukannya, buka halaman 'Profil' dan ketuk tombol 'Edit profil'. Di layar berikutnya, gulir ke bawah dan aktifkan Tip Jar menggunakan sakelar. Terakhir, tambahkan detail pembayaran dan simpan preferensi untuk mengaktifkan Tip Jar untuk akun tersebut.

Tak lama setelah rilis Tip Jar, pengguna melaporkan bahwa celah keamanan membocorkan alamat orang yang memberi tip melalui PayPal. Menurut laporan, pengguna yang menerima uang melalui PayPal melihat alamat lengkap orang yang memberi tip kepada mereka.

Namun, menurut PayPal, nama dan alamat hanya ditampilkan untuk "pembayaran komersial untuk barang dan jasa." Perusahaan menyarankan pengguna untuk memilih opsi "pembayaran individu kepada teman dan keluarga" untuk mengirim tip tanpa mengungkapkan nama dan alamat asli mereka.

Tip Jar sebagian besar sejalan dengan ekonomi tip online yang telah mendapatkan momentum selama beberapa tahun terakhir. Berbagai platform online telah meluncurkan fitur serupa, seperti Twitch dan YouTube, atau sedang dalam proses melakukannya dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, seperti TikTok.

Instagram juga meluncurkan fitur serupa pada November 2021, memungkinkan pengguna memberi tip kepada pembuat Live dengan membeli lencana selama acara streaming langsung. Adapun Twitter, perusahaan berharap bahwa fitur tersebut akan meningkatkan keterlibatan di platform, jadi masih harus dilihat apakah itu menarik di antara basis penggunanya ke depan.