Cara Mengukur Jarak Menggunakan Fitur Terbaru Google Maps Dijamin Akurat
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Google, yakni Google Maps memiliki beragam fitur yang dapat dimanfaatkan penggunanya untuk beragam keperluan.

Google Maps sendiri merupakan aplikasi peta online yang dapat Anda gunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari membantu navigasi dengan menunjukkan arah tujuan, hingga mengukur jarak antara satu tempat tertentu dengan lainnya.

Fitur pengukur jarak merupakan layanan baru yang disediakan oleh Google Maps, sehingga belum banyak pengguna yang mengetahuinya. Padahal fitur tersebut memiliki banyak fungsi yang dapat membantu Anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan fitur pengukur jarak di Google Maps, pengguna dapat mengikuti tutorial yang telah disiapkan tim VOI di bawah ini supaya lebih mudah menggunakannya.

Cara Mengukur Jarak dengan Google Maps

Adapun langkah yang harus Anda lakukan untuk mengukur jarak menggunakan aplikasi Google Maps adalah membuka aplikasi tersebut di perangkat smartphone Anda.

Kemudian ketuk titik tertentu yang Anda inginkan di peta Google Maps sampai muncul ikon pin berwarna merah. Pada bagian bawah Maps, Anda akan disuguhi nama jalan dan foto tempat (jika ada) lokasi tempat yang diberi pin tersebut.

Jika ingin menemukan informasi lebih detail, pengguna dapat mengusap layar ke atas, atau klik "Tampilkan Lebih Banyak" sehingga muncul detail alamat lokasi pin tersebut.

Ketuk menu "Ukur Jarak" untuk mulai mengukur jarak antara satu tempat dengan lainnya menggunakan Google Maps.

Setelah memastikan posisi pin, pengguna dapat menentukan posisi titik tempat kedua untuk mengukur jarak antara satu tempat dengan lainnya.

Selanjutnya, Google Maps akan menampilkan secara real time jarak antara titik pertama dengan titik kedua, yang dapat Anda lihat pada bagian kiri bawah aplikasi Google Maps.

Pengguna pun dapat mengukur jarak lebih dari 2 tempat, sehingga bisa melakukan perbandingan apabila ingin pergi ke suatu tempat dan ingin mempertimbangkan jarak tempuhnya.

Untuk menambahkan titik baru yang ingin diukur menggunakan fitur pengukur jarak, pengguna dapat mengetuk ikon "+" pada aplikasi Google Maps yang berada di posisi kanan bawah. Selanjutnya, Anda dapat mengarahkan pin ke titik yang ingin Anda ukur.

Jika pengguna ingin mengukur jarak tempuh di Google Maps dengan tepat, maka disarankan untuk membuat pin lebih dari satu titik. Pasalnya, jika Anda menempatkan 2 titik di Google Maps maka ukurannya akan dihitung dalam jarak yang lurus.

Demikian adalah cara mengukur jarak menggunakan salah satu fitur Google Maps yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui seberapa jauh antara satu titik dengan titik lainnya.