Bagikan:

JAKARTA - Mozilla memperluas platform media sosialnya di dalam Mastodon dengan misi menjadikan internet lebih baik untuk semua orang.

Perusahaan telah membuka servernya sendiri atau instance, dalam istilah Mastodon untuk Mozilla.social ke dalam pengujian beta pribadi.

Dalam pengumumannya, Mozilla tidak berniat untuk sepenuhnya permisif terhadap kebebasan berbicara dan menjadi netral bukanlah bagian dari rencananya.

Mozilla menyatakan pengguna akan melihat perbedaan besar dalam pendekatan moderasi konten di Mozilla.social dibandingkan dengan platform media sosial utama lainnya.

"Kami tidak sedang membangun platform netral yang dideklarasikan sendiri. Kami percaya bahwa terlalu sering, netralitas digunakan sebagai alasan untuk mengizinkan perilaku dan konten yang dirancang untuk melecehkan dan merugikan orang-orang dari komunitas yang selalu mengalami pelecehan dan kekerasan," ujar Mozilla, dikutip Jumat, 5 Mei.

"Rencana moderasi konten kami berakar pada tujuan dan nilai yang diungkapkan dalam Manifesto Mozilla kami — martabat manusia, inklusi, keamanan, ekspresi individu, dan kolaborasi. Kami memahami bahwa ekspresi individu sering dilihat, khususnya di AS, sebagai hak mutlak atas kebebasan berbicara dengan cara apa pun. Bahkan jika biaya itu merugikan orang lain. Kami tidak menganut pandangan ini," imbuhnya.

Selain itu, Mozilla juga sedang membangun kotak pasir dengan aturan yang mengatur bagaimana pengguna terlibat satu sama lain.

Aturan tersebut mungkin tidak sempurna sejak hari pertama, tetapi akan mencakup keterlibatan dengan komunitas dalam dialog terbuka seiring berkembangnya berbagai hal.

Ditekankan Mozilla, siapa pun yang tidak berbagi pandangannya tentang moderasi konten dan batasan kebebasan berbicara benar-benar bebas untuk pergi ke tempat lain jika mereka tidak menyukainya.

"Yang paling penting bagi kami adalah bahwa orang-orang yang menggunakan instance kami merasa bahwa pengalaman mereka mengembalikan lebih banyak hal yang membuat sosial menjadi hebat – dan mengurangi kotoran yang membuatnya mengerikan," jelas Mozilla.

Untuk bergabung dengan Mozilla.social, pengguna yang ingin bergabunglah harus masuk ke daftar tunggu, di mana mereka juga dapat secara opsional membagikan Twitter atau Mastodon mereka yang ada.

Saat ini, instance tersebut baru memiliki 138 pengguna aktif. Secara total, server sekarang memiliki 250 pengguna. Sementara, versi beta akan dibatasi untuk sekitar 1.000 pengguna.

TechCrunch melaporkan, Mozilla bermaksud untuk mempertahankan jumlah yang kecil untuk saat ini dan memprioritaskan grup yang dijangkau. Komunitas marjinal, penerbit dan jurnalis akan diprioritaskan.