Bagikan:

JAKARTA - Di saat Twitter sibuk menerapkan batasan harian untuk melihat tweet, pesaingnya Mastodon meluncurkan desain ulang Material You ke dalam aplikasi Android-nya.

Dalam pengumumannya, dikutip Selasa, 4 Juli, pendiri dan CEO Mastodon Eugen Rochko mengatakan media sosialnya sekarang akan menampilkan lusinan cara untuk menyesuaikan pengalaman pengguna di layar pengaturan baru.

Mulai dari mengubah bahasa posting default, mengingatkan pengguna untuk menambahkan teks alternatif pada postingan media, hingga menyembunyikan semua peringatan konten, penambah atau penghitung dan favorit yang persis seperti retweet di Twitter.

Di Mastodon versi aplikasi Android, sekarang pengguna bisa mengakses informasi tentang server tempat mereka terhubung dan melihat aturannya.

Rochko menjelaskan, layar profil kini secara ergonomis menampilkan semua konten unggulan yang sebelumnya hilang dari aplikasi, seperti kiriman yang disematkan, tagar unggulan dan pengguna yang didukung.

Selain itu, Mastodon juga menambahkan manajemen filter ke dalam aplikasi. Di mana pengguna sekarang dapat melihat, mengedit, membuat filter untuk frasa atau kata kunci tertentu, serta menyesuaikan bagaimana dan di mana tepatnya filter tersebut diterapkan.

"Jadi jika ada topik yang tidak ingin Anda dengar, Anda dapat mengabaikannya. Kami juga telah menambahkan kemampuan untuk menghentikan sementara semua notifikasi," ujar Rochko.

Terakhir, satu perubahan halus namun penting menurut Rochko adalah, tempat dan cara Mastodon menampilkan verifikasi.

"Jika profil memiliki tautan terverifikasi, kami akan menampilkannya di hasil penelusuran dan daftar lainnya sehingga Anda dapat membedakan profil yang berbeda dengan lebih mudah," jelas Rochko.

"Secara keseluruhan, ini hanyalah permukaan dari semua perubahan dalam desain ulang ini. Ada lebih banyak fitur, perbaikan bug, dan telur paskah yang tidak kami bahas. Anda harus mencoba Mastodon," imbuhnya.