Mozilla Tingkatkan Keamanan VPN di Desktop dan Selulernya dengan Dua Fitur Baru
Mozilla baru saja meluncurkan pembaruan untuk penawaran VPN seluler dan desktop. (foto: dok. Mozilla)

Bagikan:

JAKARTA - Mozilla baru saja meluncurkan pembaruan untuk penawaran VPN seluler dan desktop-nya meliputi dua fitur privasi baru.

Fitur tersebut meliputi Multi-Account Containers, fitur Firefox populer yang membantu menjaga berbagai aktivitas online tetap terisolasi satu sama lain, kini tersedia di aplikasi desktop Mozilla VPN.

Kedua, fitur multi-hop Mozilla VPN yang merutekan koneksi VPN melalui dua server berbeda, kini tersedia di aplikasi layanan Android dan iOS.

Add-on Multi-Account Containers telah tersedia untuk browser Firefox sejak 2017, dan sekarang Mozilla telah menyediakannya sebagai fitur privasi tambahan untuk layanan VPN-nya.

Fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah memisahkan aktivitas pribadi, pekerjaan, perbankan, dan media sosial satu sama lain.

Pengguna sekarang dapat memanfaatkan fungsionalitas tersebut saat menggunakan Mozilla VPN dan melindungi privasi mereka dengan merutekan setiap aktivitas individu melalui server keluar yang berbeda di berbagai lokasi.

"Misalnya Anda bepergian untuk bekerja dan menggunakan komputer Anda untuk memeriksa email kantor Anda dari Paris, Prancis tetapi ingin juga memeriksa rekening perbankan pribadi Anda di New York City," ujar Mozilla dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu, 2 Februari.

"Di situlah Anda dapat memisahkan aktivitas online pekerjaan dan keuangan pribadi Anda dengan Multi-Account Containers ditambah privasi tambahan dari Mozilla VPN dan memilih dari lebih dari 400 server di 30 negara," imbuhnya.

Sementara itu tahun lalu, Mozilla juga meluncurkan fitur multi-hop di desktop yang memungkinkan orang menggunakan dua server VPN alih-alih satu layanan VPN, yang sekarang diluncurkan di perangkat seluler Android dan iOS.

Fitur penting ini sangat berguna karena merutekan koneksi pengguna melalui dua server VPN terpisah, bukan hanya satu. Dengan melakukan itu, privasi pengguna pada dasarnya dijamin dua kali lipat karena mereka akan mendapatkan lapisan enkripsi tambahan dengan menjalankan koneksi melalui dua server VPN.

Peluncuran pembaruan baru ini datang saat Mozilla belum lama ini memperkenalkan penawaran Total Cooke Protection, yang digunakan untuk memerangi pelacakan lintas situs, ke Firefox Focus di Android.

Tujuan Total Cooke Protection adalah untuk membantu mengurangi pelacakan lintas situs di mana perusahaan mengumpulkan informasi tentang pengguna seperti situs yang dikunjungi setiap hari atau produk yang dicari.