Fitur Baru FireFox, Lindungi Privasi Pengguna Saat Jelajahi Internet
Mozilla melalui Firefox meluncurkan fitur baru yang membuat pengguna memiliki akses penjelajahan pribadi. (foto: dok. mozilla)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rencana untuk meningkatkan privasi pengguna saat menjelajahi web, Mozilla melalui Firefox meluncurkan fitur baru yang membuat pengguna memiliki akses penjelajahan pribadi.

Pembaruan pertama mencakup tombol pintasan baru yang dapat disematkan pengguna ke desktop mereka, yang secara otomatis mereka dapat masuk ke mode penjelajahan pribadi kapan pun mereka mau dan tanpa perlu memulai browser dalam mode biasa terlebih dahulu.

Desain mode penjelajahan pribadi juga telah diubah, mode gelap dapat diaktifkan secara default dan logo yang menonjol telah ditambahkan, sehingga lebih mudah bagi pengguna untuk melihat bahwa mereka menjelajah secara pribadi.

"Kami meluncurkan fitur baru yang memenuhi janji pengguna kami untuk memberikan pengalaman web yang memprioritaskan privasi dan kebutuhan orang setiap kali mereka online," kata Mozilla dalam unggahan blog resminya.

Dengan mode penjelajahan pribadi, pengguna dapat melindungi privasi mereka karena perusahaan berusaha mengaburkan aktivitas online dari pengguna lain yang menggunakan browser Firefox di komputer yang sama.

Lebih lanjut, Mozilla turut menghadirkan Total Cookie Protection yang menghentikan cookie agar tidak melacak pengguna di web, serta HTTP secara default, memberi pengguna koneksi terenkripsi ke situs web bila memungkinkan membantu memastikan data mereka aman.

Meski mode penjelajahan pribadi melindungi pengguna dari orang lain yang menggunakan komputer yang sama agar tidak dapat melihat riwayat penjelajahan mereka, Firefox menekankan bahwa fitur ini tidak membuat pengguna anonim di internet.

Melansir ZDNet, Kamis, 20 Oktober, selain peningkatan privasi, Firefox juga menambahkan beberapa fitur yang dirancang untuk membuat browser lebih mudah digunakan.

Adalah Firefox View, memungkinkan pengguna untuk melihat hingga 25 tab yang baru saja ditutup di setiap jendela desktop mereka, menyediakan cara untuk kembali ke tugas sebelumnya dengan mudah.

Versi terbaru Firefox juga menambahkan dua pintasan produktivitas baru. Di PDF Editor, pengguna sekarang dapat menulis langsung dalam PDF, sementara pengguna macOS 10.15 dan lebih tinggi juga akan melihat fitur Text Recognition baru, yang memungkinkan teks dari gambar disalin dan digunakan kembali.