Beberapa Opsi Mesin Penelusuran ini Lebih Aman Daripada Google Chrome, Coba Sekarang!
Browser dengan sistem keamanan tinggi (foto: Firefox)

Bagikan:

JAKARTA - Penggunaan browser di PC Windows pasti menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Mungkin juga, browser menjadi peringkat pertama sebagai aplikasi yang sering Anda buka. 

Banyak dari Anda pasti menggunakan Google Chrome untuk melakukan pencarian. Namun, tahukah Anda ada beberapa opsi mesin pencarian yang sistem keamanannya lebih tinggi daripada chrome? 

Jadi, apa saja browser yang paling aman yang bisa Anda gunakan untuk menjelajah internet? Berikut daftar browser teraman yang bisa Anda coba. 

Firefox

Firefox sudah berumur kurang lebih 20 tahun sejak diluncurkan pertama kali.  Firefox juga dengan cepat dikenal karena fitur keamanan dan privasinya. 

Melalui menu Privasi & Keamanan Anda dapat memilih cara Firefox menangani file yang akan Anda unduh, mengaktifkan atau menonaktifkan pembaruan otomatis, mengelola pengecualian pelacakan dan cookie, dan mengotak-atik berbagai fitur keamanan dan privasi lainnya.

Brave

Dibandingkan dengan Firefox dan chrome, Brave adalah mesin pencari baru yang diluncurkan pada tahun 2019, namun Brave berhasil menarik jutaan pengguna untuk memakainya. 

Yang menarik dari Brave adalah Anda tidak perlu mengutak-atik pengaturan, atau memasang pemblokir iklan dan ekstensi lainnya untuk menelusuri web dengan aman dan pribadi, karena itu semua sudah ada di dalam layanan Brave. 

Tor

Tor atau kependekan dari The Onion Router, pada dasarnya adalah protokol yang memungkinkan komunikasi internet anonim dengan mengirimkan lalu lintas pengguna melalui server yang berbeda, sehingga mengaburkan penjelajahan mereka.

Tor Browser adalah browser resmi untuk proyek ini. Pada dasarnya, Tor Browser merupakan versi modifikasi dari Firefox. Tor secara default akan menyembunyikan alamat IP, lokasi, dan data lain yang akan digunakan untuk mengidentifikasi Anda atau melacak perilaku online dan pola penjelajahan internet Anda. 

Dari ketiga opsi browser aman yang disebutkan di atas, Anda bisa mencobanya agar lebih leluasa menjelajah internet di era digital saat ini.