Bagikan:

JAKARTA - Stalkerware adalah alat berbahaya yang digunakan untuk penyalahgunaan digital, yang sering digunakan pelaku untuk mengontrol korbannya. 

Menurut data dari Kaspersky, terdapat setidaknya 29.312 orang dari seluruh dunia yang terpengaruh oleh stalkerware pada tahun 2022.

Untuk mengurangi korban, Kaspersky merekomendasi tips berikut untuk mereka yang terpengaruh oleh stalkerware:

  • Cari organisasi pendukung lokal: untuk menemukan organisasi yang dekat dengan Anda, periksa situs web Coalition Against Stalkerware www.stopstalkerware.org/. Situs web ini menyertakan video penjelasan, yang memberikan informasi berguna bagi para penyintas untuk lebih mengenali tanda-tanda peringatan dari stalkerware dan merekomendasikan langkah dan tindakan lebih lanjut untuk diambil atau dihindari.
  • Jangan coba-coba menghapus stalkerware, mengubah pengaturan apa pun, atau mengubah ponsel Anda. Hal ini dapat memperingatkan pelaku dan menyebabkan eskalasi situasi. Anda juga berisiko menghapus data atau bukti penting yang dapat digunakan dalam penuntutan.
  • Awasi tanda-tanda peringatan, seperti baterai cepat habis karena aplikasi yang tidak dikenal atau mencurigakan menghabiskan dayanya dan aplikasi yang baru diinstal melakukan akses mencurigakan dengan melacak lokasi Anda atau aktivitas apapun yang tidak dapat dijelaskan secara logis. 
  • Periksa apakah pengaturan "sumber tidak dikenal" Anda diaktifkan, karena ini mungkin merupakan tanda bahwa perangkat lunak yang tidak diinginkan telah diinstal dari sumber pihak ketiga. Penting untuk diperhatikan bahwa tanda-tanda di atas hanyalah gejala kemungkinan pemasangan stalkerware, bukan indikasi pasti.
  • Gunakan solusi keamanan siber yang terbukti. Namun, jika ada kecurigaan bahwa stalkerware sudah berjalan di ponsel cerdas, sebaiknya bersama dengan organisasi pendukung jika tidak, pelaku mungkin akan mengetahui solusi keamanan siber yang baru digunakan.

Untuk Anda yang belum terjebak, rekomendasi Kaspersky untuk melindungi perangkat seluler dari stalkerware adalah sebagai berikut:

  • Lindungi ponsel dengan kata sandi yang kuat yang tidak pernah dibagikan dengan pasangan, teman, atau kolega Anda.
  • Periksa izin aplikasi yang terinstal secara teratur: Aplikasi penguntit dapat disamarkan dengan nama aplikasi palsu.
  • Hapus aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.
  • Periksa riwayat penjelajahan pribadi: Untuk mengunduh stalkerware, pelaku harus mengunjungi situs web yang mungkin tidak diketahui oleh pengguna yang terpengaruh. Alternatifnya, tidak akan ada riwayat sama sekali jika pelaku telah menghapusnya.
  • Menerapkan solusi keamanan siber yang terbukti melindungi dari semua jenis ancaman seluler dan memeriksa perangkat secara teratur.