Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini laporan Kaspersky yang berjudul The State of Stalkware in 2021” menganalisis penggunaan stalkerware di seluruh dunia, dengan tujuan untuk lebih memahami ancaman yang ditimbulkannya.

Dalam dunia telekomunikasi yang semakin maju saat ini, semakin mudah bagi seseorang mengetahui profil orang lain.  Melalui aplikasi Zenly contohnya, kita mampu mengetahui posisi orang lain dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Ada pula aplikasi yang disebut lebih berbahaya yakni StalkerwareStalkerware adalah teknologi yang memungkinkan seseorang untuk memata-matai kehidupan pribadi orang lain menggunakan perangkat pintar.

Stalkerware telah mempengaruhi lebih dari 32.000 pengguna seluler Kaspersky secara global tahun lalu. Menurut perkiraan kasar dari Coalition Against Stalkerware, penggunaan stalkerware bisa mendekati satu juta kasus secara global, setiap tahun.

Oleh sebab itu, Anda harus lebih berhati-hati terhadap stalkerware. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk melindungi diri Anda dari stalkerware:

  1. Tetapkan kata sandi alfanumerik yang kompleks minimal delapan karakter di telepon Anda. Jangan berikan kepada siapa pun! Ubah kata sandi Anda secara teratur, misalnya, setiap beberapa bulan.
  2. Berhati-hatilah dengan siapa yang memiliki akses fisik ke telepon Anda. Berikan pengawasan sewaspada mungkin.
  3. Unduh aplikasi hanya dari toko resmi. Selalu perhatikan komentar, peringkat, dan fungsi aplikasi.
  4. Instal perangkat lunak keamanan yang dapat dipercaya pada perangkat Anda. Pastikan solusi keamanan yang Anda pilih dapat mendeteksi stalkerware.