Bagikan:

JAKARTA – Google meluncurkan fitur keamanan terbaru di Pixel Watch 2 pada Selasa, 11 Juni lalu. Jam tangan pintar generasi kedua ini mendapatkan fitur Deteksi Tabrakan Mobil yang dapat menolong penggunanya.

Ketika Pixel Watch 2 mendeteksi adanya kecelakaan mobil, jam tangan tersebut akan mengaktifkan layar cepat dan menunggu respons untuk memastikan penggunanya baik-baik saja. Jika tidak ada respons, sistem akan menghubungi layanan darurat secara otomatis.

Selain menghubungi kontak darurat, Pixel Watch 2 akan memberi tahu lokasi penggunanya secara real-time. Fitur ini akan membantu petugas dalam mencari korban kecelakaan dan bertindak secara cepat.

Deteksi Tabrakan Mobil merupakan fitur ponsel Pixel yang sudah tersedia sejak tahun 2019. Cara kerja fitur ini hampir sama, tetapi pemanggilan kontak daruratnya berbeda. Saat terjadi kecelakaan, ponsel Pixel akan membunyikan alarm dengan sangat keras.

Di ponsel Pixel, Fitur ini menggunakan berbagai jenis sensor dalam mendeteksi kecelakaan, salah satunya adalah akselerometer dan sensor gerak. Ponsel buatan Google ini juga memanfaatkan mikrofon untuk memantau audio di sekitar pengguna.

Tidak diketahui apakah Pixel Watch 2 menggunakan sensor yang sama karena fungsi dari fiturnya tidak jauh berbeda. Selain meluncurkan fitur Deteksi Kecelakaan Mobil, Google juga meluncurkan fitur Deteksi Jatuh yang jauh lebih baik.

Fitur ini tidak hanya tersedia di Pixel Watch 2, tetapi juga di Pixel Watch generasi pertama. Versi terbaru dari Deteksi Jatuh dapat mendeteksi pengguna yang jatuh dari sepeda. Kabarnya, fitur ini bisa membedakan jatuh biasa dengan jatuh terlempar.