Google Pixel Watch Sekarang Bisa Mendeteksi Saat Pengguna Jatuh
Google sekarang meluncurkan fitur pendeteksi jatuh ke semua pengguna Pixel Watch. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google sekarang meluncurkan fitur pendeteksi jatuh ke semua pengguna Pixel Watch. Mereka dapat mengaktifkan fungsi tersebut melalui aplikasi seluler Companion atau Personal Safety.

Setelah diaktifkan, sensor gerak bawaan Google Pixel Watch dan pembelajaran mesin pada perangkat kemudian dapat mengidentifikasi apakah pemakainya jatuh dan menghubungkannya dengan bantuan, jika perlu.

Saat pengguna terjatuh dengan keras dan pengguna tidak bergerak selama sekitar 30 detik, maka Pixel Watch akan bergetar, membunyikan alarm, dan menampilkan pemberitahuan di layar untuk memeriksa pengguna.

Kemudian, mereka akan diberi dua opsi untuk memastikan kondisi, seperti "Saya baik-baik saja" untuk mengabaikan pemberitahuan atau "Saya jatuh & butuh bantuan" untuk segera terhubung ke layanan darurat.

Tetapi jika pengguna tidak memilih salah satu dari opsi itu, alarm jam tangan akan berlanjut sekitar satu menit, semakin keras dalam beberapa detik terakhir.

Saat pengguna masih belum merespons, jam tangan akan mencoba menghubungi layanan darurat dan memutar pesan otomatis yang meminta bantuan ke mana pun pengguna berada.

Pengguna juga dapat berbicara sendiri dengan operator darurat jika kondisi mendukung untuk memberi tahu mereka ketika bantuan diperlukan, seperti dikutip dari laman Google, Rabu, 1 Maret.

Google mengatakan fitur deteksi jatuh telah diuji secara ekstensif untuk memastikan Pixel Watch memahami perbedaan antara jatuh dengan keras dan melakukan aktivitas fisik yang kuat atau pulih dari tersandung kecil.

Karenanya, pengguna tidak perlu khawatir akan menyebabkan panggilan darurat secara tidak sengaja. Fitur deteksi jatuh kini tersedia di Amerika Serikat (AS), Kanada, Inggris, Prancis, Irlandia, Jepang, Australia, dan Taiwan.