Bagikan:

JAKARTA – Google telah melakukan pembaruan pada Pixel Buds Pro 5.9 setelah Pixel 8 dan Pixel Watch 2 dirilis. Dalam pembaruan ini, Google menyertakan fitur Deteksi Percakapan dan Kesehatan Pendengaran.

Fitur Deteksi Percakapan bisa mendeteksi penggunanya saat berbicara. Ketika hal ini terjadi, audio secara otomatis dijeda dan beralih ke Mode Transparansi. Namun, saat penggunanya berhenti berbicara, Peredam Kebisingan Aktif (ANC) dan audio yang sedang didengarkan akan terputar kembali.

Fitur yang terasa canggih ini telah memanfaatkan Kecerdasan Buatan (AI) yang dianggap memudahkan penggunanya. Para pengguna Pixel Buds pun tak perlu repot-repot menghentikan audio saat sedang berbicara.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna perlu mengaktifkan Deteksi Percakapan terlebih dahulu di halaman pengaturan Suara. Akan tetapi, fitur ini baru bisa ditemukan ketika versi terbaru telah diunduh.

Cara melihat versinya pun  mudah. Pengguna hanya perlu membuka halaman atau aplikasi preferensi di Pixel Buds Pro, kemudian bukan Pengaturan lainnya dan klik Pembaruan firmware. Pada halaman ini, versi dari Pixel Buds Pro akan terlihat.

Selain fitur Deteksi Percakapan, versi terbaru ini juga menyertakan fitur Kesehatan Pendengaran. Fitur ini dapat membantu pengguna melindungi kesehatan pendengaran mereka dengan melacak volume dan durasi.

Fitur ini akan memperingati penggunanya ketika volume dinyalakan terlalu tinggi dan terlalu lama. Kesehatan Pendengaran juga akan menyarankan penggunanya untuk beristirahat sebentar dari penggunaan earbuds.