EU Susun Strategi Agar Big Tech Fukung Pengembangan 5G dan Broadband
Kepala industri Uni Eropa (EU), Thierry Breton (foto: twitter @ThierryBreton)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala industri Uni Eropa (EU), Thierry Breton, kemungkinan akan menetapkan strategi tahun depan yang mengharuskan Big Tech untuk membantu mendanai pengembangan jaringan 5G dan broadband di seluruh Eropa.

Hal ini akan menjadi keputusan Komisi Eropa berikutnya untuk memutuskan apakah akan mengadopsi peraturan. Laporan ini muncul dari beberapa sumber yang akrab dengan masalah ini pada Selasa, 10 Oktober.

Operator telekomunikasi Eropa mengatakan bahwa Alphabet induk Google, Meta induk Facebook, Netflix, Microsoft, dan Amazon harus membantu membiayai sebagian dari biaya tersebut karena mereka menggunakan sebagian besar lalu lintas internet.

Deutsche Telekom, Orange, Telefonica, dan Telecom Italia menyebutnya sebagai pembiayaan pembagian yang adil, sementara Big Tech mengatakan bahwa hal itu setara dengan pajak internet. 

Perselisihan antara Big Tech dan perusahaan telekomunikasi Eropa ini masih dalam proses pembahasan dan keputusan akhir akan bergantung pada langkah-langkah yang diambil oleh otoritas di Uni Eropa.