Bagikan:

JAKARTA – Mendix, bagian dari grup Siemens, bermitra dengan Amazon Web Services (AWS) dalam meluncurkan solusi Low Code terbaru. Platform berbasis Artificial Intelligence (AI) ini resmi diluncurkan pada Rabu, 12 Juni.

Selain memanfaatkan kemampuan AI, solusi kolaboratif ini juga memanfaatkan Machine Learning (ML). Dengan dua kemampuan ini, Mendix dan AWS yakin bahwa platform Low Code dapat mengembangkan aplikasi AI generatif dengan mudah.

Yuhendri Khatib, Country Manager Mendix Indonesia, mengatakan bahwa teknologi kolaborasi ini dikembangkan untuk membantu developer dalam membuat custom application. Solusi ini dapat mengembangkan aplikasi ke skala yang lebih besar.

Dalam mengembangkan platform di market Indonesia, Yuhendri mengatakan bahwa mereka menemukan, "challenging dalam menciptakan infrastrukturnya." Oleh karena itu, Mendix berkolaborasi dengan AWS dalam mengembangkan aplikasinya.

"Dengan mengintegrasikan Amazon Bedrock (layanan AI/ML Amazon) ke dalam platform low-code kami, kami memanfaatkan teknologi AI generatif untuk memberdayakan pengguna di semua tingkat keahlian guna mengembangkan dan meningkatkan aplikasi," kata Yuhendri.

Sementara itu, dalam menghadirkan solusi Low Code kolaboratif di Indonesia, Synnex Metrodata Indonesia (SMI) akan menjadi distributor platform tersebut. SMI akan membantu Mendix dalam menjangkau target pasar yang lebih luas.

Lie Heng, Director Technology Solution PT Synnex Metrodata Indonesia, mengatakan bahwa platform application yang dihadirkan Mendix sangat dibutuhkan di berbagai industri saat ini. Menurut Lie, platform ini dapat membantu pertumbuhan perusahaan.

"Kami berkolaborasi dengan Mendix sebagai penyedia platform application development yang terdepan karena kita tahu inovasi itu menjadi ujung tombak dari transformasi digital," kata Lie. "Dalam satu dekade terakhir, begitu banyak pertumbuhan dari sisi bisnis dan juga dari sisi teknologi."

Teknologi yang Mendix dan AWS kembangkan dapat mempercepat transformasi digital di Indonesia. Maka dari itu, selain memperluas target pasar dari Mendix Low Code, SMI yakin platform ini dapat menguntungkan mereka dalam memperluas jaringan partner.