SMI dan IBM Indonesia Dorong Transformasi Digital dengan Solusi Inovatif
IBM Indonesia jalin kerja sama dengan SMI (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

 

JAKARTA - Pada Selasa, 21 November, Synnex Metrodata Indonesia (SMI) diumumkan sebagai mitra dari IBM Indonesia dalam menghadirkan solusi terbaik untuk mencapai transformasi digital.

IBM dan SMI menyadari bahwa pasar untuk layanan teknologi informasi (TI) sedang diminati di Indonesia. Bahkan, pertumbuhannya diprediksi mencapai 9 miliar dolar AS atau sekitar Rp139 triliun pada tahun 2028.

Melihat tingginya minat ini, IBM akan memperkenalkan banyak produk dan solusi software dan hardware untuk seluruh partner bisnis di Indonesia. SMI pun akan terlibat di dalam penyediaan produk ini, tetapi khusus pada penyediaan solusi.

“Solusi-solusi IBM akan dihadirkan dengan cara kerja sama antara IBM dengan SMI untuk menyediakan beberapa macam solusi buat keperluan bisnis dan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan konsumen ataupun pasar komersial di Indonesia,” kata Presiden Direktur IBM Indonesia Roy Kosasih dalam acara peresmian hari ini.

Sementara itu, Direktur SMI Lie Heng mengatakan bahwa kerja sama ini akan memaksimalkan potensi Indonesia Emas di tahun 2045, yaitu masa di mana Indonesia dipenuhi generasi produktif dan dipercaya bisa menjadi titik balik perekonomian di Indonesia.

Lie Heng mengatakan bahwa mereka akan menghadirkan banyak solusi yang terbaik untuk para pelaku bisnis. Solusi ini pun beragam, mulai dari Kecerdasan Buatan (AI) hingga keamanan sistem.

“Banyak sekali area-area solusi yang sejalan dengan misi dari SMI juga yang IBM memiliki fokus-fokus dalam solusi-solusi terutama di area data atau tips AI, cyber security, automation, dan juga sustainability karena kami ingin memberikan solusi-solusi yang berkesinambungan,” kata Lie.

SMI juga akan fokus pada policy driven digital transformation, yaitu transformasi digital yang didorong dengan kebijakan pemerintah. Harapannya, kebijakan yang mereka gerakan ini bisa menjaga masyarakat lebih aman, produktif, dan terstruktur.

Tahun ini, IBM telah meluncurkan solusi berbasis AI dengan nama Watsonx. Platform inilah yang ikut didorong oleh SMI dalam mencapai transformasi digital. Saat ini, Watsonx telah menggunakan fondasi baru berupa AI generatif dan machine learning.

Rencana selanjutnya dari kerja sama IBM dan SMI adalah peluncuran watsonx governance pada 5 Desember mendatang. Harapannya, platform ini bisa membantu banyak organisasi dalam menerapkan AI sesuai regulasi yang telah ditetapkan.