IBM Solutions Summit 2022: Hadirkan Inovasi Teknologi Terbaru untuk Bisnis yang Lebih Kompetitif di Era Ekonomi Digital
Seno Hardijanto, CEO, Talian Infodinamika (kiri), Cin Cin Go, Technology and Country Leader, IBM Indonesia (tengah ungu), mal Kusumajaya, Head of Corporate IT Division PT. Astra Daihatsu Motor dan CIO Astra Mobil 3 Group (kanan) (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Transformasi digital kini dipandang sebagai sumber keunggulan sebuah organisasi. Dengan bertransformasi, organisasi baik kecil maupun besar mampu meningkatkan produksi, menghemat biaya operasional dan sumberdaya serta membuka lapangan kerja baru. 

IBM kembali menggelar Solutions Summit 2022, sebuah acara tahunan di mana mitra, pelanggan, dan stakeholder IBM lainnya berkumpul untuk berbagi wawasan dan pengalaman dalam perjalanan transformasi digital mereka

Melihat lanskap teknologi sekarang, hybrid cloud dan artificial intelligence (AI) merupakan dua kekuatan dominan yang mendorong transformasi digital di seluruh industri. 

Laporan IBM Institute of Business Value (IBV) menunjukkan bahwa 88 persen dari CEO di Indonesia yang disurvey percaya bahwa cloud menjadi pendorong utama untuk ketangkasan bisnis dan 42 persen CEO mengakui bahwa AI memberikan manfaat bagi bisnis mereka. 

“Setiap organisasi memiliki kebutuhan atas solusi teknologi yang unik. Oleh karena itu, kami melihat momentum yang luar biasa di mana IBM bersama dengan mitra kami dapat menjadi bagian dari perjalanan transformasi digital pelaku bisnis di Indonesia dengan memberikan berbagai solusi teknologi terbaik untuk menjawab tantangan di era digital ekonomi,” kata Cin Cin Go, Technology and Country Leader, IBM Indonesia kepada media pada Kamis, 8 September di Jakarta.

Di Indonesia, IBM memiliki beberapa mitra, salah satunya adalah Talian, yang telah menjadi bagian penting dalam perjalanan transformasi digital PT Astra Daihatsu Motor (ADM) guna menciptakan pabrik pintar berbasis teknologi untuk proses produksi yang lebih efisien. 

ADM berkolaborasi dengan IBM melalui Talian untuk mengimplementasikan sistem IBM Maximo Enterprises Asset Management (EAM). IBM Maximo EAM adalah solusi manajemen aset perusahaan terkemuka di dunia yang dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan program komprehensif untuk pemeliharaan preventif, prediktif, rutin, maupun yang tidak terencana, yang tidak tergantung pada ukuran bisnis, jumlah site, atau lokasi. 

Dengan aset manajemen yang terintegrasi, para pemimpin perusahaan tidak hanya dapat mengurangi downtime, tetapi juga meningkatkan revenue seperti layaknya membangun pabrik baru. 

IBM Maximo ini mampu memaksimalkan kinerja ADM dalam mengontrol aset dan memelihara infrastruktur, yang pada akhirnya dapat membantu menekan risiko kegagalan hingga satu persen. 

“Dengan pemeliharaan asset berbasis teknologi, ADM mampu meningkatkan angka produksi. Jadi, setiap 1,5 menit keluar satu mobil dari pabrik. Terus kalau sebelum memakai teknologi, produk yang cacat/gagal itu kita ketemunya pas di akhir produksi, tapi sekarang karena pakai mesin semuanya, dari awal jika ada kesalahan sudah terdeteksi. Jadi mobil yang keluar pasti sudah tidak ada kesalahan” ungkap Akmal Kusumajaya, Head of Corporate IT Division PT. Astra Daihatsu Motor dan CIO Astra Mobil 3 Group.