IBM Hadirkan Platform Watsonx untuk Mendorong Transformasi Digital Berbasis AI
Presiden Direktur IBM Indonesia, Roy Kosasih (foto: Citra/voi.id)

Bagikan:

JAKARTA - IBM menghadirkan Kecerdasan Buatan (AI) Watsonx yang dirancang untuk bisnis dan platform data dalam acara Think Experience and Tech Summit 2023.

"Pemerintah Indonesia telah merumuskan peta jalan untuk mencapai dan memungkinkan transformasi digital secara menyeluruh untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," ujar Presiden Direktur IBM Indonesia, Roy Kosasih di Jakarta, Kamis, 10 Agustus.

Untuk mendukung visi ini, Roy melihat infrastruktur digital yang kuat dan adopsi teknologi digital, seperti otomatisasi dan analitik, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

"Saya percaya organisasi perlu mempertimbangkan secara mendalam untuk menerapkan AI di seluruh alur kerja, proses bisnis, dan operasional mereka," kata Roy.

Think Experience and Tech Summit 2023 juga menjadi wadah untuk dialog seputar kesiapan adopsi AI, serta kolaborasi akademis dan kemitraan lintas sektoral yang penting untuk mendukung transformasi digital berbasis AI di Indonesia.

Berdasarkan studi IBM Institute for Business Value (IBV), yang melibatkan CEO perusahaan global menemukan, sebanyak 75 persen mereka yang disurvei percaya, industri yang dilengkapi dengan AI generatif mutakhir akan menghasilkan keuntungan signifikan.

Sejumlah besar CEO (43 persen) telah menerapkan AI generatif untuk menginformasikan keputusan strategis, sementara 36 persen menggunakannya untuk keputusan operasional dan 50 persen memadukannya ke dalam produk dan layanan mereka.

"Kita harus berkembang di era baru AI ini dengan kepercayaan dan transparansi sebagai fondasi. IBM berusaha keras untuk memberdayakan pemerintah dan bisnis dengan platform AI Watsonx yang canggih untuk mendorong pertumbuhan dan daya saing di masa yang penuh perubahan ini," ungkap Roy.

Roy menjelaskan, Watsonx dikembangkan untuk menyediakan akses layanan mandiri dan semua yang dibutuhkan bisnis seperti, perangkat, teknologi, infrastruktur dan pakar konsultasi dalam skala besar di satu tempat.

Watsonx hadir dengan kontrol kualitas yang dibangun untuk memastikan keterpercayaan, bersama dengan perangkat-perangkat yang memungkinkan bisnis untuk menggunakan data mereka sendiri dengan aman, secara bersamaan dapat beradaptasi secara fleksibel pada lingkungan hukum dan peraturan yang terus berubah.

Model-model dalam Watsonx memastikan akurasi dan mencegah pembuatan informasi palsu.

Selain itu, fitur keamanan dan otomatisasi platform ini memungkinkan para data scientists dan pengembang untuk menggunakan data perusahaan yang diatur melatih model fondasi sekaligus menangani kepatuhan serta keamanan di seluruh ekosistem data.

Platform ini terdiri dari studio watsonx.ai untuk model fondasi baru, AI generatif, dan machine learning (ML), penyimpanan data watsonx.data, yang dibangun di atas arsitektur lakehouse terbuka dan perangkat watsonx.governance untuk membantu memungkinkan alur kerja AI dibangun dengan tanggung jawab, transparansi, serta kejelasan.

Masih dalam acara yang sama, IBM juga mengumumkan PLN Icon Plus, anak perusahaan PLN, telah memanfaatkan IBM Maximo Application.

Maximo Application merupakan solusi AI dan menjadi kunci dalam meningkatkan keandalan operasinya, yang mendukung komitmen mereka untuk dapat bertanggung jawab terhadap lingkungan.