Bagikan:

Jakarta– IBM (International Business Machines Corp) baru saja merilis versi terbaru dari model kecerdasan buatan (AI) yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis pada Senin, 21 Oktober. Model terbaru yang dinamakan "Granite 3.0" ini akan tersedia secara open-source, mengikuti jejak versi sebelumnya dalam keluarga model Granite milik IBM.

Pendekatan ini berbeda dengan pesaing seperti Microsoft, yang mengenakan biaya kepada pelanggan untuk mengakses model AI mereka.

Sementara IBM menawarkan alat berbayar bernama Watsonx yang membantu menjalankan model-model AI di pusat data setelah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Beberapa varian dari model Granite terbaru ini sudah dapat digunakan secara komersial melalui platform Watsonx mulai hari ini. Model-model tersebut juga akan tersedia pada rangkaian alat perangkat lunak Nvidia, memungkinkan bisnis untuk mengintegrasikan model AI secara efisien.

"Model Granite terbaru ini dilatih menggunakan unit prosesor grafis (GPU) Nvidia H100, yang merupakan chip unggulan dalam teknologi AI saat ini," kata Dario Gil, direktur riset IBM. Dengan peluncuran ini, IBM berharap dapat memperluas adopsi teknologi AI generatif di berbagai perusahaan.