Bagikan:

JAKARTA - Sudah banyak sekali pakar yang mengatakan bahwa AI Generatif (GenAI) tidak akan mengambil alih pekerjaan. Namun, pekerja yang tidak memanfaatkan AI bisa saja digantikan oleh mereka yang menguasai teknologi ini. 

Seiring dengan perkembangan revolusi GenAI, standar baru untuk keterampilan dan kompetensi semakin berkembang. Hal ini menjadikan keterampilan AI semakin penting, tidak hanya untuk pekerjaan di bidang teknologi.

Maka dari itu, sangat diperlukan pelatihan dan kursus yang mumpuni untuk mengembangkan keterampilan sumber daya manusia di bidang AI. 

Di Coursera, Indonesia merupakan negara ketiga dengan tingkat pendaftaran kursus GenAI tertinggi di Asia Tenggara. Pendaftaran meningkat sebesar 1.158 persen dari tahun ke tahun (YoY), dibandingkan dengan peningkatan YoY global sebesar 1.060 persen. 

Berikut adalah lima kursus AI terpopuler yang kini tersedia dalam Bahasa Indonesia:

Generative AI for Everyone by DeepLearning.AI

Kursus tingkat pemula yang tersedia dalam Bahasa Indonesia ini diajarkan oleh pakar AI terkenal, Andrew Ng. Dirancang khusus untuk mengenalkan dasar-dasar GenAI, peserta akan mempelajari cara kerja model generatif, aplikasi dalam pembuatan teks dan gambar, serta batasan-batasannya.

Introduction to Generative AI by Google Cloud

Berdurasi satu jam dan tersedia dalam Bahasa Indonesia, kursus ini dirancang untuk menjelaskan apa itu GenAI, aplikasinya, dan bagaimana perbedaannya dengan metode pembelajaran mesin tradisional. Kursus ini juga mencakup Google Tools yang akan membantu Anda mengembangkan aplikasi GenAI  sendiri. 

Prompt Engineering for ChatGPT by Vanderbilt University

Kursus ini berfokus pada cara mengoptimalkan interaksi dengan model AI seperti ChatGPT. Dalam kursus ini, Anda akan mempelajari teknik-teknik untuk membuat prompt yang efektif, sehingga mampu mengarahkan respons AI dan meningkatkan hasil di berbagai aplikasi. 

Generative AI for Leaders by Vanderbilt University

Kursus ini dirancang untuk memberikan pemahaman strategis tentang GenAI dan dampaknya terhadap organisasi kepada para pemimpin bisnis dan pengambil keputusan. Tersedia dalam Bahasa Indonesia, kursus ini mengeksplorasi bagaimana AI dapat mendorong inovasi, meningkatkan operasional bisnis, membantu mendapatkan keunggulan kompetitif, dan menciptakan peluang baru di berbagai industri.

Generative AI with Large Language Models by DeepLearning.AI and Amazon Web Services

Kursus level intermediate yang juga tersedia dalam Bahasa Indonesia, memberikan pemahaman mendalam tentang dasar-dasar generative AI dengan model bahasa besar (LLMs). Anda akan mempelajari arsitektur transformer, teknik fine-tuning, dan hukum scaling empiris untuk mengoptimalkan kinerja model.