Bagikan:

JAKARTA - IBM mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan organisasi non-profit Markoding dan Universitas Ciputra, dalam memberikan pelatihan gratis kepada ribuan pelajar generasi muda dan profesional di Indonesia. 

Berkolaborasi melalui program IBM SkillsBuild, talenta-talenta muda di Markoding dan Universitas Ciputra akan diajarkan keterampilan digital yang sangat dibutuhkan di era kecerdasan buatan (AI).

Melalui kolaborasi ini, Markoding akan membuka akses bagi 1.300 perempuan di seluruh Indonesia untuk pelatihan pengembangan web dan desain UX, jalur pembelajaran baru, serta mentorship melalui IBM SkillsBuild for Adult Learners. 

Sedangkan untuk Universitas Ciputra, semua mahasiswanya akan mendapatkan akses pembelajaran materi dasar AI, AI generatif, etika AI, penulisan prompt, machine learning, dan banyak lagi melalui IBM SkillsBuild for Academia.

"Sebagai bagian dari komitmen IBM untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045, kami siap mendampingi organisasi-organisasi di Indonesia dalam mengevaluasi ulang kebutuhan keterampilan dan peran pekerjaan di era AI, Kami akan memberikan dukungan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kerja mereka yang sekarang dan di masa depan” kata Roy Kosasih, President Director, IBM Indonesia dalam konferensi persnya pada Senin, 26 Agustus.

Lebih lanjut, Denny Bernardus selaku Sekretaris Dewan Eksekutif Universitas Ciputra berharap kolaborasi ini tidak hanya bisa mempersiapkan mahasiswa untuk memainkan peran penting pada visi Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi pemimpin di bidang AI dan teknologi digital di masa depan.

“Dengan membekali 1.300 wanita dengan keterampilan digital yang dibutuhkan, kami memberdayakan mereka untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan ekosistem inovasi digital.” lanjut Amanda Simandjuntak, Founder Markoding, Perempuan Inovasi.