Bagikan:

JAKARTA - Google baru-baru ini mengumumkan peningkatan pada sistem operasi Android yang memungkinkan dukungan ukuran halaman memori sebesar 16KB. Dengan peningkatan ini, Android kini dapat mendukung perangkat keras yang menggunakan halaman memori berukuran 4KB atau 16KB, memberikan dorongan performa dan efisiensi yang signifikan.

Dalam postingan terbaru di blog Android Developer, Google menjelaskan bahwa Android akan menjadi lebih fleksibel dalam mendukung ukuran halaman memori yang berbeda. Pengguna perangkat Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang menjalankan Android 15 QPR1 Beta 1 akan dapat memilih antara halaman 4KB atau 16KB.

Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas video, performa game, dan kelancaran aplikasi. Hal ini dimungkinkan karena unit manajemen memori (MMU) dalam CPU kini dapat melakukan penerjemahan alamat memori dengan lebih efisien.

Berbekal ukuran halaman yang lebih besar, sistem membutuhkan lebih sedikit "birokrasi" pada tingkat sistem operasi, sehingga lebih banyak sumber daya yang dapat dialokasikan untuk memastikan video tampak lebih baik, game berjalan lebih lancar, dan aplikasi beroperasi lebih mulus.

Google melaporkan bahwa mereka melihat peningkatan kinerja keseluruhan sebesar 5-10% dengan menggunakan ukuran halaman yang lebih besar. Namun, ada konsekuensi di mana penggunaan memori fisik meningkat sebesar 9%. Meskipun demikian, para pengguna diharapkan akan merasakan manfaat dari peningkatan ini seiring dengan lebih banyaknya perangkat keras yang mendukung ukuran halaman memori yang lebih besar