Akselerasi Transformasi Digital Diperlukan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Shirley Santoso, Presiden Direktur & Partner Kearney dalam Taklimat Kearney terkait "Pengembangan Transformasi Digital untuk Pendidikan Berkualitas Tinggi yang Merata" (Foto: Tangkapan Layar Zoom)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia memiliki visi untuk menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia, yang diprediksi akan mencapai era keemasannya pada tahun 2045 mendatang. 

Untuk mencapai ambisi tersebut, studi terbaru dari perusahaan konsultan manajemen global terkemuka, Kearney yang berjudul “Unleashing a digital transformation for equitable, high-quality education” menunjukkan bahwa pemerintah perlu menerapkan sistem yang dapat mendukung terciptanya tenaga kerja yang adaptif, kolaboratif, dan siap dengan perkembangan teknologi di berbagai industri.

Dalam kegiatan pemaparan studi Kearney yang dilakukan secara daring pada rabu, 31 Agustus, Shirley Santoso selaku Presiden Direktur & Partner Kearney mengatakan bahwa digitalisasi sistem pendidikan merupakan langkah yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

“Inisiatif ini akan memiliki implikasi yang positif bagi kualitas sumber daya manusia. Digitalisasi di bidang pendidikan akan mendukung akses yang lebih mudah dalam implementasi layanan pembelajaran yang merata dan mempersiapkan pasokan talenta digital yang berkualitas tinggi,” papar Shirley kepada media.

Menurut Kearney, setidaknya ada empat fondasi yang harus dibangun untuk mempercepat transformasi digital yang dapat menguntungkan sistem pembelajaran di Indonesia, diantaranya adalah:

Meningkatkan kualitas layanan pembelajaran digital

Peningkatan layanan e-learning dengan fitur yang beragam sangatlah diperlukan. Mewajibkan digitalisasi di semua sekolah dan mengembangkan database pendidikan nasional yang terintegrasi dapat menjadi langkah awal percepatan transformasi digital di sektor pendidikan. 

Contohnya adalah Singapura, negara tersebut telah mengembangkan platform e-learning nasionalnya bernama Singapore's Student Learning Space. Platform ini telah diimplementasikan di setiap sekolah dan menyediakan berbagai sumber berkualitas tinggi dan pembelajaran pribadi yang didukung AI. 

Meningkatkan infrastruktur dan kurikulum sekolah 

Untuk mendapatkan lebih banyak akses ke layanan e-learning, siswa harus memiliki akses yang mudah ke perangkat pintar dan koneksi internet yang baik. Keterampilan TIK di masyarakat, khususnya di kalangan siswa, guru, dan tenaga kerja, sangat penting untuk akses universal ke infrastruktur TIK.

Digitalisasi pada ekosistem pendidikan

Kolaborasi dengan pihak ketiga seperti perusahaan swasta dapat membantu digitalisasi ekosistem pendidikan. Kerjasama tersebut dapat membantu memfasilitasi ekspansi perusahaan teknologi informasi untuk mendukung digitalisasi sektor pendidikan. Ekosistem pendidikan digital yang andal dapat turut menarik para pelaku di bidang teknologi pendidikan untuk berinvestasi dalam digitalisasi dan mendukung pertumbuhan sektor ini.

Pendanaan dan Regulasi

Pendanaan dan regulasi sangatlah penting dalam percepatan transformasi digital di sektor pendidikan. Diperlukan masterplan teknologi pendidikan yang jelas dan didukung oleh pendanaan yang memadai serta investasi swasta yang inovatif untuk mencapai sinergi. 

Oleh sebab itu, perlu adanya sebuah pedoman nasional untuk menyusun masterplan. Peraturan pendanaan yang baik juga dapat membantu menarik investor swasta, sehingga dapat membantu mengurangi beban pengeluaran pemerintah. Maka, dalam proses pengembangannya akan mendapat dukungan dari banyak pihak.