Bagikan:

JAKARTA - OpenAI, pembuat ChatGPT, telah menunjuk mantan bos Twitch, Emmett Shear, sebagai chief executive officer (CEO) interim setelah pemecatan mantan CEO Sam Altman, yang mengguncang industri teknologi.

Shear, yang merupakan bagian dari kelompok pertama startup accelerator Y Combinator bersama Altman, dikenal sebagai advokat vokal keselamatan dalam pengembangan kecerdasan buatan.

Pada  Senin, 20 November, Shear membagikan rencana langkah-langkah selanjutnya di OpenAI. Ia  mengatakan bahwa dia akan mencari cara untuk mereformasi tim manajemen startup dan merekrut penyelidik independen untuk menyelidiki kepergian Altman.

Beberapa fakta tentang Emmett Shear:

  • Shear, 40 tahun, mundur sebagai CEO Twitch yang dimiliki oleh Amazon.com  pada bulan Maret ini setelah lebih dari 16 tahun bekerja di platform streaming video langsung tersebut.

  • Platform ini didirikan oleh Shear sebagai Justin.tv pada tahun 2006, sebelum namanya diubah menjadi Twitch pada tahun 2011. Platform ini dengan cepat mendapatkan perhatian dalam komunitas gaming dan diakuisisi oleh Amazon dengan nilai hampir  1 miliar dolar AS (Rp15,4 triliun) pada tahun 2014.

  • Shear telah bekerja sebagai mitra di Y Combinator selama tujuh bulan terakhir, ia memberikan saran kepada startup tentang segala hal mulai dari strategi penggalangan dana hingga pendekatan teknis.

  • Shear, yang tumbuh di Seattle, memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer dari Universitas Yale.

  • Dalam rekomendasi LinkedIn-nya, pendiri Twitch, Justin Kan, mengatakan, "Emmett adalah co-founder yang hebat: bekerja keras, tidak mengeluh, dan orang paling cerdas yang saya kenal."