Bagikan:

JAKARTA - Dewan direksi OpenAI mendekati CEO pesaing Anthropic untuk menggantikan chief Sam Altman dan kemungkinan menggabungkan dua startup kecerdasan buatan (AI). Hal ini dikatakan dua orang yang mendapat informasi tentang hal tersebut.

CEO Anthropic, Dario Amodei, kabarnya menolak kedua opsi itu, kata kedua orang tersebut.

Berita ini, yang dilaporkan sebelumnya oleh The Information pada Senin, mengikuti berbagai laporan panggilan untuk mencari pengganti Altman beberapa hari setelah dewan direksi OpenAI memberhentikannya.

OpenAI menolak untuk berkomentar, dan anggota dewan Adam D'Angelo tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Pada Minggu, dewan menawarkan bekas CEO Twitch, Emmett Shear, untuk menjadi chief interim, yang diterima. Sementara itu, Altman setuju untuk bergabung dengan Microsoft bersama dengan personel kunci lainnya dari OpenAI. Pada Senin, hampir semua dari lebih dari 700 karyawan startup tersebut mengancam untuk berhenti, termasuk salah satu eksekutifnya di dewan OpenAI saat ini.

Para pendiri Anthropic, yang juga merupakan eksekutif di OpenAI hingga tahun 2020, telah berpisah dari majikannya karena ketidaksetujuan mengenai cara memastikan pengembangan dan tata kelola AI yang aman.

Anthropic telah mendapatkan investasi dari Google milik Alphabet  dan Amazon.com. Model AI Claude-nya bersaing untuk mendapatkan perhatian dengan seri GPT milik OpenAI