Bagikan:

JAKARTA - Solusi peningkatan skala Ethereum, Polygon (MATIC), mencatat pencapaian gemilang dengan memproses jumlah transaksi harian tertinggi dalam sejarah blockchain pada tanggal 16 November pekan lalu.

Tercatat, sebanyak 16.449.264 transaksi berlangsung dalam satu hari. Transaksi harian ini mengalami lonjakan yang signifikan dari rata-rata di bawah tiga juta per hari.

Pendiri Polygon, Sandeep Nailwal, membagikan prestasi luar biasa ini melalui platform media sosial, X. Dalam postingannya, Nailwal menyatakan bahwa jaringan Polygon mampu mengatasi lonjakan tersebut tanpa mengalami downtime.

"Polygon menangani lebih dari 16 juta transaksi, dan jaringannya bahkan tidak berkedip. Pada puncaknya, PoS (proof of stake) memiliki throughput sebanyak 255 tps (transaksi per detik) – sekitar dua hingga tiga kali lipat dari seluruh ekosistem ETH yang digabungkan,” ujar Sandeep Nailwal.

“Total biaya transaksi yang dihasilkan oleh validator mencapai [$1 juta] dalam satu hari, meskipun biaya gas melonjak ke tingkat yang mencengangkan. Hadiah blok mencapai lebih dari 155.000 MATIC, sekitar $1,2 juta pendapatan bagi para validator dalam satu hari," tambahnya.

Lebih lanjut, Nailwal menyebutkan bahwa lonjakan tiba-tiba ini mungkin disebabkan oleh peluncuran game metaverse baru bernama Baby Shark, yang berbasis blockchain Polygon.

"Saya mendengar ada game Baby Shark yang diluncurkan, apakah itu bisa menjadi alasan? Seseorang baru saja memberi tahu saya bahwa minting baru saja berhenti dan kita mungkin akan kembali ke tingkat yang lebih tenang."Dia juga menyoroti upaya untuk meningkatkan Polygon yang memungkinkan jaringan untuk menangani volume transaksi dengan efisien.

Saat penulisan, aset kripto milik Polygon, MATIC, menempati urutan 14 aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Pada pukul 15:58, 21 November 2023, MATIC diperdagangkan di harga Rp12.399 per koin, menurut data Coingecko.