Penyebab Harga Kripto Polygon (MATIC) Naik di Saat BTC Berdarah
Penyebab naiknya harga kripto Matic (Kriptova)

Bagikan:

JAKARTA – Baru-baru ini market kripto kembali merah, namun kripto Polygon (MATIC) mengalami kenaikan harga. Meroketnya harga MATIC tersebut tidak lepas dari pengembangan ekosistem mata uang kripto itu sendiri, termasuk penambahan protokol baru, migrasi cross-chain, dan bertambahnya dukungan lembaga dan investor.

Ekosistem Polygon berkembang cukup pesat dan buktinya dapat dilihat dalam peningkatan peluncuran protokol, migrasi lintas rantai, peluncuran produk yang diperdagangkan di bursa (ETP) yang berfokus pada Polygon, dan peningkatan yang stabil dalam aktivitas pengguna.

Salah satu pendorong terbesar harga MATIC dan aktivitas on-chain adalah penambahan protokol baru ke proyek peluncuran jaringan Polygon dan migrasi cross-chain sebagaimana dilansir dari Cointelegraph.

Selain itu, pertukaran terdesentralisasi IDEX telah mengumumkan bahwa pihaknya bakal merilis v3 untuk jaringan Polygon. Ini membuatnya menjadi DEX likuiditas hibrida yang pertama di Polygon. Uniswap juga dikabarkan bakal menambahkan dukungan dalam Polygon untuk Uniswap v3.

Penyebab lain yang mendorong bullish-nya harga MATIC adalah meningkatnya minat investor institusional. Pasalnya, Polygon juga sudah tersedia dalam sejumlah produk perdagangan bursa (ETP) dalam beberapa bulan terakhir di antaranya adalah Osprey Polygon Trust dan 21Shares Polygon ETP di bulan September dan November lalu.

Tidak berhenti sampai di situ, perusahaan investasi digital terbesar di dunia, yakni Grayscale Investments juga dilaporkan tengah mempertimbangkan Polygon untuk dimasukkan ke dalam produk investasinya mengingat potensi MATIC yang besar.

Kepercayaan investor institusional kepada Polygon mengalami peningkatan, itu terbukti dengan masuknya Wintermute. Market maker asset digital tersebut menyuntikkan dana sebesar 20 juta dolar AS (setara Rp287 miliar) untuk membantu pengembangan DApps (aplikasi terdesentralisasi) di Polygon.

Faktor lain yang mendorong harga MATIC adalah peningkatan pengguna dompet digital aktif. Jumlah wallet Polygon mengalami pertumbuhan signifikan sepanjang 2021. Kini para pengguna dompet Polygon meningkat pesat menjadi 282.760. Tampaknya jaringan Polygon menjadi alternatif lain bagi pengguna jaringan Ethereum. Pasalnya setiap transaksi dalam jaringan Ethereum kerap dikenai gas fee tinggi.

Saat berita ini ditulis harga MATIC diperdagangkan di level Rp30.141. MATIC mengalami kenaikan sebesar 11,2 persen dalam 24 jam terakhir sebagaimana laporan data dari Coingecko.