Bagikan:

JAKARTA - Polygon Labs, pengembang jaringan Polygon yang merupakan solusi Layer 2 untuk Ethereum, mengumumkan peluncuran token POL di mainnet Ethereum (ETH). Token POL akan menggantikan token MATIC yang saat ini digunakan sebagai bahan bakar jaringan Polygon.

Token POL akan menjadi kunci dalam transisi ke Polygon 2.0, yang merupakan evolusi dari jaringan Polygon yang ada. Polygon 2.0 akan meningkatkan produktivitas dan kemampuan jaringan dengan mendukung berbagai solusi Layer 2 berbasis zero knowledge (zero-knowledge rollup).

Zero knowledge adalah teknologi yang memungkinkan verifikasi transaksi tanpa mengungkapkan data pribadi. Dengan menggunakan protokol staking khusus, pemegang token POL dapat memverifikasi beberapa solusi Layer 2 dan berpartisipasi dalam berbagai fungsi di setiap solusi tersebut.

Peluncuran token POL tidak akan mempengaruhi operasional jaringan Polygon proof of stake (PoS) atau jaringan Polygon zero-knowledge berbasis Ethereum Virtual Machine (EVM), yang akan tetap berjalan sesuai rencana.

Tim Polygon Labs mengatakan bahwa token POL akan membantu mencapai tujuan Polygon 2.0, yaitu meluncurkan lapisan staking baru untuk mendukung solusi Layer 2 Polygon, meningkatkan PoS Polygon ke zkRollup, dan mengimplementasikan interoperabilitas dan likuiditas lintas solusi Layer 2 yang didukung oleh zero knowledge.

Pada Juni lalu, Polygon Labs telah memperkenalkan rencana perbaikan Polygon 2.0, yang akan menjadikan jaringan ini sebagai "Lapisan Nilai Internet." Rencana ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan, skalabilitas, dan dukungan ekosistem jaringan Polygon melalui token POL.

Sementara itu, token MATIC yang merupakan token asli dari jaringan Layer 2 Polygon, mengalami penurunan harga sekitar 5% dalam 24 jam terakhir, menjadi sekitar 0,63223 dolar AS. Penurunan ini terjadi di tengah kondisi pasar kripto yang fluktuatif. Berbeda dengan Bitcoin yang berhasil mencapai level harga tertinggi baru-baru ini karena optimisme tentang kemungkinan persetujuan Exchange-Traded Fund (ETF) oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC).