Cara Menambahkan Jaringan Polygon (MATIC) ke Metamask, Biaya Transaksi Jadi Lebih Murah!
Cara tambah jaringan Polygon ke MetaMask (wiki.rugdoc.io)

Bagikan:

JAKARTA - Jaringan Ethereum semakin berkembang sehingga aplikasi yang memanfaatkan smart contract-nya semakin meningkat, salah satunya adalah dompet digital kripto MetaMask.

Hal itu menyebabkan peningkatan kepadatan jaringan yang membuat biaya transaksi Ethereum mahal. Namun, ada solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, yakni dengan menambahkan jaringan Polygon di MetaMask.

Untuk diketahui, Polygon Network (MATIC) merupakan sebuah protokol terdesentralisasi untuk membangun serta menghubungkan beberapa jaringan blockchain yang kompatibel dengan Ethereum.

Jaringan ini dibuat guna memberi solusi terkait beberapa isu mengenai blockchain. Di antaranya adalah gas fee yang tinggi dan kecepatan yang lambat, tetapi tanpa mengesampingkan aspek keamanannya.

Sedangkan, MATIC merupakan token ERC-20 yang digunakan untuk membayar biaya transaksi dan fungsinya sebagai governance token dalam protokol Polygon. Di samping itu, MATIC pun dapat digunakan untuk staking dalam jaringan Polygon.

Namun, Anda perlu menambahkan secara manual jaringan Polygon (MATIC) ini ke wallet MetaMask. Nah, lalu bagaimana cara menambahkan jaringan Polygon di MetaMask dengan mudah? Simak tutorialnya di bawah ini!

Cara Mudah Menambahkan Jaringan Polygon di MetaMask pada Laptop/PC

  1. Buka ekstensi MetaMask pada Laptop/ PC dan masukkan password Anda
  2. Pilih ganti jaringan pada bagian tengah atas ekstensi
  3. Selanjutnya, Anda perlu klik opsi Tambah Jaringan
  4. Anda akan masuk pada menu pengaturan. Anda harus mengisi kolom-kolom yang disediakan, ada 3 kolom yang wajib diisi dan 2 kolom lainnya opsional (tidak wajib diisi)
  5. Masukkan data di bawah ini:
    • Nama Jaringan: Polygon
    • URL RPC Baru (PILIH SALAH 1):
      • https://rpc-mainnet.matic.network
      • https://rpc-mainnet.maticvigil.com
      • https://rpc-mainnet.matic.quiknode.pro
    • ID Rantai: 137
    • Simbol (opsional): MATIC
    • URL Block Explorer (opsional): https://polygonscan.com
  6. Jika kolom sudah terisi, klik Simpan
  7. Jaringan Polygon sudah berhasil ditambahkan pada MetaMask yang Anda miliki.

Cara tambah jaringan Polygon ke MetaMask (wiki.rugdoc.io)

Itulah cara menambahkan jaringan Polygon (MATIC) di MetaMask yang terdapat di laptop atau PC. Dengan menambahkan jaringan ini, Anda dapat melakukan transaksi dengan potongan atau gas fee yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jaringan Ethereum.