Bagikan:

JAKARTA - Pasar kripto mengalami lonjakan dalam 24 jam setelah kemenangan Grayscale dalam pengadilan terhadap SEC pada 29 Agustus, yang dianggap sebagai tonggak penting dalam perjalanan menuju persetujuan untuk ETF Bitcoin spot yang dijadwalkan pada 23 Oktober.

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) melonjak 5,9% pada hari tersebut, dan sejumlah aset kripto lainnya juga mengalami kenaikan. Harga Bitcoin (BTC) naik 7,6% dalam periode 24 jam yang berakhir pada pukul 22:00 UTC pada 24 Oktober. Bitcoin unggul dibandingkan Ethereum (ETH) yang naik 3,9% dalam periode yang sama, sementara seluruh pasar kripto mengalami kenaikan sebesar 5,4%.

Grayscale bermaksud mengubah dana GBTC menjadi Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin. Keputusan pengadilan pada 29 Agustus memaksa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk meninjau proposal yang berkaitan. Perkara ini kembali menjadi sorotan minggu ini karena pengadilan mengeluarkan mandat resmi yang mendorong proses peninjauan.

Di samping itu, saham Coinbase (COIN) juga naik 6,3%. Kenaikan ini mungkin terkait dengan tenggat waktu pengajuan dalam kasus hukum perusahaan dengan SEC atau perkembangan lain yang berkaitan dengan pertukaran kripto. Perlu dicatat bahwa Coinbase diharapkan akan berpartisipasi dalam pengawasan beberapa ETF yang direncanakan, termasuk oleh BlackRock, meskipun tidak termasuk dana yang diusulkan oleh Grayscale.

Meskipun harapan meningkat, persetujuan ETF Bitcoin spot masih jauh dari jaminan. Walaupun perkembangan positif yang terlihat, SEC belum menyetujui produk semacam itu, dan ada sejumlah alasan untuk tetap waspada. Pertama, meskipun SEC diminta untuk meninjau proposal Grayscale, itu belum berarti persetujuan pasti.

Selain itu, laporan tentang kemajuan ETF BlackRock tampaknya masih dini. Ticker untuk ETF BlackRock yang direncanakan baru-baru ini muncul, tetapi kemudian menghilang dari daftar di situs web Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC).

Meskipun harapan tinggi, mantan pengacara SEC, Tom Gorman, yang meskipun tidak lagi terlibat dalam agensi tersebut, berpendapat bahwa persetujuan untuk ETF Bitcoin spot masih belum pasti.