Bagikan:

JAKARTA - Supercar listrik BYD Yangwang U9 tertangkap kamera sedang diuji coba di sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman. Model berdesain eksotis ini terlihat mengebut dengan stiker kamuflase.

Melansir CarBuzz, Selasa, 2 Juli, mobil tersebut tertangkap kamera melalui saluran kanal Youtube CarSpyMedia. Ini menimbulkan pertanyaan mengapa supercar tersebut dibaluti kamuflase mengingat Yangwang U9 telah diungkap desainnya ke publik. Namun, dalam tangkapan gambar ini memperlihatkan mobil tersebut mengebut serta mengerem dengan maksimal.

2

Selain itu, masih belum jelas mengapa BYD menguji coba supercar ini di lintasan legendaris tersebut. Kemungkinan pabrikan  China ini berniat memecahkan rekor putaran tercepat dari Rimac Nevera sebagai EV tercepat.

Pada pertengahan 2023 lalu, Rimac Nevera bukukan rekor sebagai mobil listrik produksi tercepat di Nurburgring dengan catatkan waktu 7:05.298 yang dikemudikan oleh pembalap asal Kroasia Martin Kodric.

Berbicara soal performa, BYD Yangwang U9 dibekali dengan empat motor listrik berkekuatan 1.287 dk dan torsi 1.680 Nm atau lebih kecil dibandingkan dengan Rimac Nevera mencapai 1.888 dk dan torsi 2.360 Nm.

Akselerasi Yangwang U9 sebelumnya diklaim BYD dari 0 ke 100 km/jam capai 2,36 detik dengan kecepatan tertinggi 309 km/jam. Sementara, rival dari Kroasia ini memperolehnya hanya dalam 1,82 detik saja dengan top speed tembus 412 km/jam.

Namun Yangwang U9  memiliki keunikan seperti memakai pengadopsian baterai Blade lithium-iron phosphate (LFP) yang dikembangkan oleh BYD.

Baterai tersebut memiliki kapasitas 80 kWh yang sanggup memberikan jangkauan hingga 465 km menurut standar CLTC. Sistem ini juga mendukung pengisian cepat 500 kW dan pengisian ganda secara bersamaan.

Yangwang U9 dibekali sistem suspensi cerdas Disus X yang dikembangkan oleh BYD. Sistem ini memungkinkan mobil untuk bermanuver dengan lincah, termasuk "menari" dan melaju hanya dengan tiga roda.

Kini, mobil tersebut telah dijual di pasar China dengan harga capai 1,68 juta yuan (Rp3,7 miliaran). BYD akan lakukan pengiriman unit Yangwang U9 pada pertengahan 2024 ini.